Tips Belajar Matematika yang Benar dan Menyenangkan

Diposting pada

Selamat datang di Cienporcien Digital –  Blog Pendidikan. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips belajar matematika yang benar dan menyenangkan.

Tips Belajar Matematika yang Benar dan Menyenangkan

Jangan harap menguasai matematika jika tidak tahu tips belajar matematika yang benar.

Banyak orang tidak menyukai matematika karena tidak mengenal matematika dengan benar dan tidak mengetahui tips belajar matematika secara tepat dan menyenangkan.

Matematika lebih banyak dikenal sebagai mata pelajaran penuh hitungan dan rumus-rumus, padahal harusnya tidak demikian.

Metode belajar dengan cara menghafal rumus memang terlihat mudah dan menyenangkan. Akan tetapi, ketika kamu menjumpai soal-soal yang semakin bervariasi dan materi semakin banyak, kamu pasti akan merasa pusing dengan banyaknya rumus yang kamu hafalkan.

Metode belajar seperti itu bukanlah belajar matematika, tetapi hanya hafalan dengan menggunakan rumus matematika. Tentunya metode seperti itu bukanlah metode yang tepat untuk belajar matematika.

Lalu bagaimana cara belajar matematika yang benar? Cek tips belajar matematika dibawah ini!

1. Kenali, Cermati, dan Cintai Semua Materi Matematika

Dengan cara ini kamu harus megetahui poin-poin yang paling penting saat belajar matematika. Catat materi apa saja yang belum paham kemudian tanyakan kepada yang tau, boleh ke teman atau ke guru.

Jangan gengsi untuk bertanya karena bertanya tidak akan membuat derajatmu rendah kok, justru dengan bertanya kamu akan mendapatkan ilmu yang banyak dan membuat derajatmu tinggi.

Setelah kamu mengetahui apa saja materi yang lemah dan mencari solusinya maka akan sangat mudah buat kamu untuk bisa menguasai materi-materi yang ada pada pembelajaran matematika selanjutnya.

Memang cukup lambat jika kamu harus mengulang kembali materi-materi yang belum kamu kuasai, tapi ini adalah metode yang bagus untuk belajar matematika karena antar materi matematika saling berkaitan, jka tidak paham satu materi maka materi yang lainpun akan susah.

Oh ya, berdasarkan pengalaman akan sangat sulit menguasai matematika jika benci dengan matematika itu sendiri. Jadi mulailah membuka diri untuk matematika, cari gaya-gaya belajar yang menyenangkan untuk kamu, karena setiap orang beda gaya belajarnya.

2. Pahami dan Kuasai Konsepnya

Selanjutnya yaitu kamu harus memahami konsep-konsep materi yang sedang kamu pelajari agar kamu bisa menguasainya. Mulai dari pengertian, teorema-teorema di dalamnya,  pemecahan masalahnya, sampai  penurunan rumusnya.

Sebagai contoh, sering kali siswa yang hafal dan bisa menggunakan rumus ABC untuk mencari akar persamaan kuadrat, tetapi mereka ternyata tidak paham apa tujuan mencari akar persamaan kuadrat, jadi mereka hanya sekedar menghafalkan rumus tanpa menguasai konsepnya.

3. Pelajari Dasar-Dasar Matematika

Seorang siswa yang ketika mencoba belajar matematika yang lebih sulit  namun dia tidak bisa belum tentu karena dia telah  mencapai batas kemampuannya. Bisa jadi karena tidak mempunyai fondasi inti umum keterampilan matematika dasar yang cukup kuat.

Misalnya, apakah dia mengerti semua perintah  dan istilah yang digunakan? Apakah materi prasyarat sudah paham? Apakah dasarnya sudah dikuasai?

Jika dia tidak mengerti, maka ini bisa diatasi yaitu dengan cara menguasai materi matematika yang dasar terlebih dahulu dan mengenal istilah-istilah dalam matematika.

4. Perbanyak Belajar dan Sering-Sering Mengerjakan Soal-Soal Matematika

Matematika termasuk pelajaran yang cenderung dalam hitung menghitung, matematika ini bukan pelajaran yang bisa dibaca terus kita akan paham. Untuk bisa memahami dan menguasai soal-soal dan penggunaan rumus pada matematika,  kita harus banyak mengerjakan soal-soal latihan dan belajar dengan giat.

Jangan pernah malas untuk berlatih mengerjakan soal matematika. Berlatihlah terus menerus dan jangan sampai merasa bosan. Semakin banyak kamu mengerjakan soal maka akan membuat kamu banyak menemukan model soal dan pemecahannya.

5. Konsisten Belajar Matematika

Selanjutrnya agar dapat menguasai ilmu matematika kita harus konsiten dalam belajar. Lakukanlah secara konsisten / teratur dan terus menerus meskipun sedikit, dari pada banyak tapi hanya sekali atau tidak konsisten.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah SKS (Sistem Kebut Semalam)? Jauhilah cara belajar yang seperti ini. Belajarlah secara rutin, teratur, terus menerus, dan jangan belajar saat ada ulangan atau ujian saja.

Mulai sekarang kamu jangan pernah mengeluh sulit, susah, pusing, dll. Justru kamu harus yakin kepada diri kamu sendiri bahwa ini mudah dan pasti bisa. Sugesti yang paling manjur yaitu kata-kata dari nasehat.

Di zaman sekarang ini tidak kata “gak ada yang ngajarinya jadi gak ngerti”. Buang jauh-jauh alasan seperti itu, karena banyak sekali media pembelajaran yang dapat membatu kamu dalam belajar matematika.

Kabar baiknya untuk kamu adalah di Edumatik.Net kamu bisa belajar matematika dengan mudah, benar, dan detail. Mulai dari pemaparan materi, pembuktian rumus, sampai dengan pembahasan contoh soal.

Itulah ulasan tentang tips belajar matematika yang mudah untuk kamu coba. Selamat belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, jangan lupa share tulisan ini jika bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *