5 Tips Terbaik Sebelum Membeli Mobil Bekas Murah

Diposting pada

Mobil adalah kendaraan yang saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, karena bisa untuk bepergian jauh dan lagi bisa dibawa kerja. Faktor transportasi di Indonesia yang masih jauh dari kata layak dan tidak memberikan kesan nyaman memang membuat banyak orang lebih memilih membeli kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-harinya. Sayangnya tak semua orang mampu membeli mobil yang diinginkan. Alasannya karena harga mobil masih tergolong mahal yang membuat keuangan mereka tak mampu membelinya.

Namun untuk kita yang memang sangat mendambakan memiliki mobil impian, kita bisa mensiasati masalah keuangan ini dengan cara hunting mobil bekas. Mungkin kmudian pertanyaan yang muncul adalah, loh kok mobil bekas? Apa terjamin kualitasnya?


Meskipun mobil bekas kalau kita bisa teliti dalam memilih mobil, kita  bisa saja mendapatkan mobil yang murah dan berkualitas. Tapi sayangnya, tak semua orang bisa teliti memilih mobil bekas yang murah dan berkualitas. Hanya saja kalau emang berniat membeli mobil bekas murah dan berkualitas, kita bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Tempat Pembelian

Untuk memilih mobil bekas yang murah dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobilnya. Memang ada banyak sekali tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala promo dan penawarannya. Namun untuk mendapatkan mobil bekas kita  juga bisa membelinya langsung  ke orang yang memang sedang menjualnya langsung.

Membeli ke showroom memang bakalan banyak pilihan, namun kita juga harus tahu bahwa membeli dari showroom pastinya membuat harga beli mobil jadi lebih besar dibanding kalau kita membelinya langsung dari orang pertama. Sementara itu membeli mobil bekas melalui perantara juga akan membuat pembelian kita menjadi lebih mahal. Jadi solusi terbaiknya kita mendingan membeli mobil dari tangan pertama.

Hal ini juga bertujuan supaya lebih  bisa mengerti bagaimana kondisi perawatan dari mobil, apalagi kalau orang yang menjualnya adalah orang yang sudah kita kenal. Jangan lupa juga cek marketplace pusat mobil murah, agar kita bisa mendapatkan kisaran harga mobil impian yang akan kita beli.

Eksterior Mobil

Setelah menemukan penjual dan tempat membeli mobilnya, maka langkah selanjutnya adalah pengecekan. Bagian mobil yang biasanya harus kita perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan pengecekan di bagian yang paling pertama terlihat. Pada bagian eksterior mobil ini ada beberapa bagian mobil yang harus dicek seperti: 

  1. Bagian bodi : Perhatikan apa ada goresan atau rusak pada bodi mobil, bagaimana kondisi catnya, apa masih mulus atau sudah kusam dan kasar.
  2. Bagian kaca:  apa ada bagian yang retak ataupun pecah.
  3. Bagian lampu: apakah ada yang pecah dan dapat menyala dengan baik, atau malah cahaya lampunya sudah tidak terang lagi atau bahkan malah tidak menyala sema sekali
  4. Bagian ban: Lihat juga keadaan bannya, apa masih oke atau sudah aus.  

Performa Mesin Mobil

Inilah juga tahap yang tak halah pentingnya dari proses pengecekan yang seharusnya paling dicermati dan tak boleh dilewatkan. Caranya yakni hidupkan mesin mobil dan perhatikan bagaimana bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah yang suara mesinnya terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih tampak bagus juga mempunyai ciri mudah dilakukan starter.

Setelah menyalakan mesin coba lakukan test drive. Bagaimana keadaan mobil ketika mengoper gigi, jangan lupa juga pastikan bahwa oper gigi berjalan lancar. Rasakan dengan benar kondisi mobil saat berjalan. Kalau terasa berat, cenderung berbelok ke kanan atau kiri, mendingan kita berpikir dua kali untuk membelinya.

Dalam test drive ini coba juga untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik atau tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Secara keseluruhan proses test drive ini sebaiknya kita lakukan bersama si penjual supaya penjual mengetahui kondisi mobilnya.

Aksesoris dan Interior

Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang sangat perlu untuk kita cermati adalah bagian setel AC, karpet, dashboard, jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk mencoba menduduki jok, dan coba tarik ke belakang, lalu cek kualitas pelapisnya. Bagian kaca juga tidak boleh lepas dari perhatian dengan cara mencoba menaik-turunkan kaca mobil tersebut. Cek juga tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Lalu, coba juga untuk mengecek lampu sein, lampu depan, hazard dan lampu rem.

Kelengkapan Surat-surat

Surat kendaraan adalah ha lyang sangat krusial yang wajib kita perhatikan ketika membeli mobil. Pastikan kita mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan dengan detil keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena sekarang ada banyak sekali surat-surat berharga palsu yang beredar agar mobil curian laku dengan harga tinggi. jadi kita  wajib memastikan bahwa  mobil yang akan kita  beli mempunyai BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli yang lengkap maka kita akan dimudahkan untuk mengurusan balik nama dan administrasi lainnya.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Teliti sebelum membeli menjadi hal yang wajib kita lakukan sebelum membeli mobil bekas murah dan berkualitas. Untuk menghindarkan kita dari kerugian yang tak perlu seperti kerusakan mobil bekas yang sudah terlanjur kita beli hanya karena kita tidak teliti dalam melakukan cek kondisi mobil sebelumnya. Dengan menerapkan beberapa tips di atas pembelian mobil bekas pun menjadi lebih menguntungkan untuk  digunakan dalam keperluan sehari-hari.

16 thoughts on “5 Tips Terbaik Sebelum Membeli Mobil Bekas Murah

  1. Kelengkapan surat-surat ini emang penting banget ya, kak. Pernah ngalamin soalnya, ditawarin kendaraan bekas tapi ngga jelas surat-suratnya. Pas nanya-nanya, ternyata tempat jual kendaraannya ini penadah barang curian. Auto ngeri kalo bayangin lagi.

  2. Paman ku baru beli mobil bekas kak ternyata baru sebulan sering mogok usut punya usut ehh ternyata ini mobil pernah kerendem banjir duh kasihan deh beliau ini jadi makin mahal keluar biaya lagi karena hrs turun mesin jadinya,..emang harus hati2 ya kalau beli mobil bekas nih..

  3. nah iya nih jangan asal beli ketika beli mobil bekas. rawan banget. takutnya mobil curian, ih serem. makanya kalo ada yang jual mobil bekas lebih suka nyari di marketplace khusus mobil atau beli ke orang terdekat yang memang jelas kita kenal. pastinya lebih aman.

  4. Harus jeli dan detail emang kalo membeli mobil second. Jangan sampai setelah dibeli justru menjadi beban kehidupan *eh.

    Kami aja beli motor bikin beban banget, serviiis mulu, bikin kesel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *