10 Situs Online Penghasil Uang Saat Pandemi

Diposting pada

Pandemi gini, memang  menuntut kita untuk di rumah aja. Alih-alih bisa nyari kerjaan sambilan, tapi ternyata tetap ada kerjaan kantor yang kudu dikerjain. Bahkan jam kerjanya malah nambah dari jam biasanya sebelum pandemi. Namanya juga work from home, bukan cuti. Jadi kalau mau nyari uang tambahan kudu pinter nyari kesempatan.

Misalnya, dengan cara jadi penulis di situs online. Karena sekarang ada banyak situs yang berani membayar tulisan kita berupa essay sepanjang 700-1200 kata dengan kisaran harga Rp250-750 ribu. Bahkan ada juga situs yang berani membayar Rp2,5 juta per tulisan. Ini umumnya berlaku untuk situs luar negeri.

Melihat jumlah rata-rata honor tulisan di situs online, maka penulis blog kayak kita gini juga bisa mencoba peruntungan, siapa tahu tembus kan lumayan bisa buat jajan, syukur-syukur bisa buat menuhi kebutuhan sehari-hari.

Coba bayangkan, seandainya dalam sebulan kita mampu menulis (dan dimuat) 10 artikel saja dan setiap tulisan dibayar Rp250 ribu, maka kita dapat menghasilkan Rp3,75 juta perbulannya. Berikut ini daftar 10 situs yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari rumah, hanya dengan menulis.

1. Mongabay.co.id

Tidak cuma menerima artikel, mongabay juga menerima kiriman foto yang berkaitan dengan isu lingkungan. Untuk mengirimkan tulisan ke situs ini, kamu harus menjadi contributor. Ada dua jenis kontributor di Mongabay.

Kontributor lepas adalah setiap orang yang mengirim tulisan di situs ini tanpa terikat secara langsung dengan Mongabay. Dengan demikian, tulisan yang dikirim jadi tanggung jawab Anda sendiri.

Kontributor resmi adalah anggota kontributor Mongabay yang sudah dilengkapi dengan ID atau tanda pengenal resmi. Kontributor resmi ini bisa membawa ID pers miliknya yang dikeluarkan oleh pihak Mongabay saat meliput berita.

Setiap kontributor, baik kontributor lepas maupun resmi, akan memperoleh hak berupa imbalan atas hasil kerjanya. Jika ada artikel atau foto yang anda kirim ke situs ini dan berhasil terbit maka pengirim berhak mendapatkan kompensasi, dengan perhitungan seperti: 

– Untuk tulisan, bayarannya dihitung per kata di mana satu kata dihargai Rp750 perak

– Untuk foto akan mendapat kompensasi sebesar Rp50.000

– Rp100.000 per foto 

Misalkan kita menulis tulisan sepanjang 1200 kata dan berhasil tayang di situs ini, maka kita berhak atas honor senilai Rp900 ribu.

2. Geotimes.co.id

Sebagian besar konten di situs ini berbentuk Opini dan Esai. Selain itu, ada beberapa syarat-syarat yang harus diperhatikan jika anda ingin mengirim naskah di situs ini, seperti: 

– Tulisan terdiri dari 750-1000 kata 

– Biodata pengirim harus jelas dan sesuai dengan identitas yang dimiliki 

– Responsif terhadap isu-isu aktual 

– Artikel harus argumentatif 

– Tidak mengandung SARA 

– Tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Dari syarat di atas, sangat jelas kalau tulisan di Geotimes sangat serius. Karenanya tulisan yang kamu kirim selain berisi tema serius, juga perlu mengikuti trend yang ada. Berapa Geotimes membayar penulis? Konon, untuk satu tulisan yang dimuat, seorang penulis akan mendapatkan Rp350 ribu.

3. Mojok.co

Saya belum pernah menulis dan mengirim tulisan untuk situs yang punya motto “sedikit nakal banyak akal” itu. Tapi saya pernah mendengar jika situs berisi konten satir ini membayar penulis dengan honor yang cukup layak. Berapa sebenarnya honor untuk penulis yang tulisannya dimuat di Mojok? Beberapa teman saya yang pernah menulis di situs ini, mengaku dibayar Rp250.000-300.000 untuk satu tulisan, dan honor tersebut dikirim setiap hari Senin.

Belakangan ini Mojok membuka kanal “terminal” yang mirip laman keroyokan ala Kompasiana atau Vivalog, di mana siapa pun bisa berkontribusi di sana. Kanal terminal dimaksudkan sebagai blog auto-generated-content atau AGC yang menerima tulisan dari jalur non-reguler, karena penulis bisa memposting sendiri tulisannya asal sudah memiliki akun. Pihak mojok yang nantinya memutuskan menayangkan tulisan atau tidak. Tapi, selama tulisan kamu menarik dan fresh, saya percaya orang mojok pasti akan terburu-buru memuatnya.

Reward atau benefit apa yang kita terima jika tulisan kita tayang di kanal terminal? Menurut informasi yang saya baca, jika tulisan kita dimuat maka kita berhak menerima 1 poin. Satu tulisan berarti 1 poin. Dan setiap berhasil mengumpulkan 10 poin, kita akan mendapatkan uang Rp200.000,-. Setiap penulis hanya dibolehkan mengumpulkan 20 poin atau Rp400.000,- per bulan. 

4. Remotivi.or.id

Remotivi termasuk website serius dan sebagian besar kontennya berbentuk opini dan esai. Remotivi sangat fokus pada tulisan-tulisan yang berkaitan dengan isu jurnalisme. Jika membaca situs ini, kamu akan melihat banyak artikel yang berkaitan dengan media seperti koran, TV, majalah, wartawan, kontributor media dan lain sebagainya.

Kalau Anda memiliki kemampuan menganalisis framing berita dan cara kerja media, tidak ada salahnya mengirim ke situs ini. Karena jerih payah Anda akan dibayar mahal. Lalu, berapa honor yang didapat saat mengirim tulisan ke situs ini?

Dari informasi yang saya dapatkan dari teman-teman penulis, honor tulisannya adalah Rp350.000 per tulisan. Penulis bahkan bisa mendapatkan bayaran lebih tinggi, mencapai Rp. 1.500.000 per tulisan, jika tulisan tersebut dianggap segar, menarik dan relevan. 

5. Basabasi.co

Dari namanya saja, kita bisa tahu kalau Basabasi lebih fokus pada artikel-artikel ringan mulai dari opini, cerpen dan resensi buku. Mereka juga membuat beberapa kategori tulisan, dan setiap naskah yang dikirim punya harga yang berbeda-beda. Jika anda mengirimkan tulisan ringan ke situs ini dalam bentuk opini dan esai, misalnya, kita akan mendapatkan honor Rp100.000 per tulisan.

Namun ada beberapa penulis yang dibayar sampai Rp300.000 untuk kategori opini atau esai. Sementara untuk puisi dan resensi buku, kita akan mendapatkan honor Rp250 ribu dan Rp200.000. Jumlah honor tersebut tentu saja lebih tinggi dari honor yang mampu dibayarkan media lokal. Namun, tulisan yang kita kirim tidak serta merta langsung dimuat. Tulisan yang dikirim akan disunting terlebih dahulu, itu pun jika lolos seleksi tim editor di situs Basabasi.co.

6. VoxPop.id

Situs Voxpop sebenarnya tidak jauh beda dengan Mojok. Sebagian besar konten yang dimuat di situs ini berupa opini dan juga pandangan terkait dengan kehidupan masyarakat. Juga ditulis dengan gaya ngepop. Jika gaya menulis Anda tidak terlalu satire alias masih cenderung serius, tidak ada salahnya mengirim ke VoxPop ini.

Lantas, berapa honor yang didapat jika artikel berhasil tayang di Voxpop? Menurut penuturan beberapa teman penulis, mereka mendapatkan honorarium Rp250 ribu per naskah. 

7. Buruan.co

Buruan.co adalah situs yang fokus pada kajian dan apresiasi dengan visi utama untuk mengakomodasi minat baca tulis secara daring. Sebagai media kajian dan apresiasi, Buruan lebih mengarah ke sastra yang disesuaikan sama minat dan kemampuan penulis. Hasil amatan penulis, ada dua jenis rubrik yang diterima yakni cerpen dan puisi.

Nah, jika sedang mencari platform menulis puisi dibayar atau ingin kirim cerpen dan mendapatkan honor bisa manfaatkan situs Buruan ini. Menariknya, situs ini tidak hanya menerima tulisan dan puisi berbahasa Indonesia tapi juga berbahasa Sunda. Ini persis seperti Mojok yang juga mengakomodasi tulisan berbahasa Jawa. Untuk dua jenis karya tulis di atas akan menerima honor sebesar Rp200.000.

8. Alif.id

ALIF.ID dihadirkan sebagai ikhtiar kecil untuk membuka suasana keberagamaan kita yang lebih beragam dan selaras dengan ruh ajaran Islam. Harapannya, alif.id dapat membuka jalan baru kemaslahatan. Alif.id menerima tulisan seputar budaya Islam, isu keberagaman dan tulisan pencerahan lainnya. Konon, untuk setiap tulisan yang berhasil dimuat, penulis akan mendapatkan honor Rp250.000. 

9. IDN Times

Menurut informasi yang saya baca di laman IDN Times, per Februari 2017, media online tersebut merilis kanal IDN Times Community, sebuah kanal yang dimaksudkan sebagai medium/platform menulis bagi generasi milenial, terutama untuk mereka yang punya hobi menulis dan tertarik pada passion tertentu. Lalu, bagaimana para penulisnya dibayar?

IDN Times mencari para penulis populer yang tulisannya banyak dilihat dan dibaca orang, terutama topik yang masih fresh dan jadi trending. Semakin populer sebuah tulisan, maka semakin besar peluang sang penulisnya mendapatkan bayaran tinggi. Dari informasi yang saya baca, bahwa setiap 100 views dari artikel yang kamu tulis dan tayang di IDN Times, kamu akan mendapatkan 1 poin.

Semakin banyak tulisan yang kamu tulis dan mendapatkan views yang melimpah, poinmu akan terus bertambah. Poin itu bisa ditukar dengan uang atau barang yang disediakan. Minimal poin yang dapat ditukarkan adalah 500 poin dan kelipatannya. Sebagai ilustrasi: Kalau artikel yang kamu tulis menghasilkan 150.790 pageviews.

Maka kamu akan mendapatkan 1500 poin. Poin ini bisa kamu tukarkan (redeem) dengan uang tunai senilai 150.000 atau hadiah tertentu. Sisanya tidak akan hilang, melainkan menjadi saldo poinmu. Tunggu apalagi, segera bikin aku di IDN Times Community, dan mulailah menulis. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Karena semakin banyak poin yang bisa kamu kumpulkan, semakin besar pendapatan yang kamu terima.

10. Newnaratif.com

New Naratif adalah situs yang berbasis di London, Inggris. Situs yang fokus pada tulisan panjang dan mendalam ini menyambut baik penawaran dari para freelancer di Asia Tenggara (atau dari diaspora Asia Tenggara) tentang cerita dan masalah yang penting bagi Asia Tenggara dan Asia Tenggara. Jika kamu ingin berkontribusi di situs ini, kamu harus mengisi formulis pada laman Pitch.

New Naratif menerbitkan artikel (penelitian, jurnalisme, komik, video, podcast, dll.) yang biasanya berhubungan dengan orang-orang di Asia Tenggara, tulisan yang mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah, tulisan yang mengeksplorasi kekuatan-kekuatan penting di sekitar kita, dan tulisan yang melampaui batas-batas sempit ras, agama, atau negara. New Naratif tidak menerima tulisan dalam bentuk berita terbaru atau breaking newas.

Bagi penulis yang ingin menulis di New Naratif harus terlebih dulu mengajukan Pitch, dan pihak redaksi biasanya membutuhkan waktu 10 hari untuk merespons pitch yang diajukan Setelah New Naratif menerima pitch, biasanya dibutuhkan satu hingga dua bulan sebelum dipublikasikan. 

Jika pitch yang kamu ajukan diterima, tapi dalam perjalanannya setelah proses pendampingan dari editor, tulisan kamu tidak layak muat, kamu tetap akan menerima jerih payah sebesar 25 persen dari total honor. Untuk satu tulisan yang dimuat di New Naratif, kamu akan mendapatkan honor $200.

Jadi mau nulis ke situs mana nih? Atau malah mau bikin buku? Baca catatan Mbak Ipeh mengenai Penerbit Buku dulu kalau gitu.

17 thoughts on “10 Situs Online Penghasil Uang Saat Pandemi

  1. Wah, lengkap banget rekomendasinya. Jadi penasaran pengen juga nulis di Mojok. Tapi, belum ada keberanian untuk nulis ala ala Mojok. Masih kurang ilmu buat menjabarkan sesuatu dalam tulisan. Cukup bikin kepo juga jadinya. Pengen tau Mongabay

  2. informatif banget ka hadi..aku baru tahu semua loh selain idn times ternyata banyak bgt situs yang menerima tulisan bisa menjadi tabungan haha. Namun, pasti ada syarat dan ketentuan berlaku yaa…wah jadi harus tambah semangat nih nulisnya

  3. wah banyak ya, saya dulu jadi kontributor BABE, UC News dan hipwee. yang paling menghasilkan emang di UC News sih dibayar dollar lagi. tapi sekarang udah bangkrut haha. makasih sharingnya lain kali coba ah di salah satu list di atas.

  4. Jadi walau belum bisa beraktifitas seperti biasa,tetap bisa hasilkan uang ya kak. Tapi tentunya foto dan tulisan yang akan di kirim harus benar benar asli bukan comot sana sini.

    Karena apa yang dikerjakan,mesti ada tanggung jawabnya secara pribadi supaya next bisa bekerjasama lagi ya kan.
    Dan yang paling ditunggu yang pastinya pas fee cair, kan lumayan ya bisa dipakai untuk kebutuhan sehari hari maupun ditabung.

  5. Wah terimakasih banyak rekomendasi situsnya kak. Ini yang paling dibutuhkan blogger ya kan, nggak muna sih suka banget kalau nulis dan menghasilkan gini. Bisa buat jajan skincare (hihihi cewek banget sih)

  6. Satupun aku belum pernah mencoba untuk menghasilkan uang dari 10 situs online ini kak. Jadi pengen coba apalagi saat pandemi gini ya , butuh cuan ,cuan dan cuan huhuhuu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *