5 Tempat Wisata Terbaik dan Tips Sebelum Travelling ke Manado

Diposting pada

Manado terletak di Teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan. Kota Manado merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Sebagai kota terbesar di provinsi Sulawesi Utara, Manado merupakan daerah yang memiliki banyak tempat pariwisata dengan menyajikan keindahan yang wajib anda kunjungi. Manado menjadi daerah yang sering kali dijadikan sebagai detinasi wisata bagi para pelancong, Tempat populer yang ada di manado juga memang sangat banyak, mau tau informasi selengkapnya?

 Berikut adalah tempat wisata di Manado yang wajib disinggahi di bawah ini.

1. Taman Laut Bunaken

taman laut bunaken
@yeojacantik91

Tempat wisata pertama yang wajib anda kunjungi di kota Manado adalah Taman Laut Bunaken. Taman Laut bunaken merupakan objek wisata yang paling terkenal dengan keindahan biota lautnya yang memanjakan wisatawan yang berkunjung. Ditempat ini anda dapat menemukan berbagai biota laut seperti terumbu karang serta ikan warna warni yang sangat indah. Tempat ini sangat sangat cocok untuk wisatawan yang gemar menyelam dan menikmati pemandangan alam bawah laut. Namun bagi anda yang tidak dapat menyelam tetap dapat menikmati keindahan alam bawah laut dengan menggunakan kapal selam yang telah di rancang khusus

 2. Danau Tondano

tribunewswiki.com


Objek wisata berikutnya yang wajib anda kunjungi di Manado adalah Danau Tondano. Ditengah – tengah danau Tondano terdapat sebuah pulau .danau ini diapit oleh 3 gunung yaitu Gunung Tampusu, Gunung Masarang dan Gunung Kawen. Anda dapat menikmati danau dengan berkeliling menggunkan perahu motor yang disewa.

3. Taman Wisata Tandurusa

wisata tandurusa
@RailinkARS


Ditempat ini anda dapat menemukan berbagai macam jenis hewanseperti monyet hitam,babirusa, tarsius serta berbagai macam burung. Tempat wisata Taman Wisata Tandurusa terletak di kecamatan Aertembaga atau sekita 2 jam perjalanan dari pusat kota Manado.

4. Bukit Kasih


Tempat wisata Bukit Kasih terletak sekitar 55 KM dari pusat kota Manado tepatnya di desa Kanonang. Ditempat ini terdapat berbagai hal unik seperti terdapat 5 tempat ibadah dari agama resmi di Indonesia,ada pula monument segilima yang disebut tugu toleransi . untuk meikmati semua objek wisata yang satu ini, anda harus berkeliling melewati ratusan anak tangga. Maka disarankan untuk menggunkan alas kaki yang nyaman.

5. Kawasan Boulevard


Kawasan Boulevard merupakan tempat favorit baik bagi warga Manado maupun bagi wisatawan yang berkunjung. Tempat ini terletak disepanjang jalan Pierre Tendean sehingga semakin membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini banyak dikunjungi pada sore hari dan malam hari. Pada sore hari para wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbenam sedangkan untuk malam hari tempat ini berubah menjadi tempat wisata kuliner.

Setelah tahu beberapa wisata terbaik di Manado, selanjutnya saya kasih tips travelling dari Blogger asal Tuban JawaTimur, sebagai berikut:

Tetapkan Tujuan

Mau travelling kudu tau tujuannya ke mana ya kan? Kalau masih bingung bisa ke salah satu dari 5 tempat wisata yang ada di Manado di atas. Kenapa menetapkan tujuan itu penting? Karena kalau gak tau tujuannya ya mending tidur aja, ngimpi di kasur, biar tau-tau sampai ke Manado. Jadi kita kudu tau dulu ke mana tujuan travellingnya, begitu teman-teman.

Pahami Destinasinya

Ada banyak cara untuk mendapatkan informasi tentang tujuan destinasi. Kita bisa nanya ke teman-teman yang sudah pernah ke sana, atau bisa juga cari tahu sendiri via internet. Cara paling gampang sih tinggal kepoin aja di sosial media. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat melakukan travelling.

Persiapan Transportasi

Selanjutnya adalah mempersiapkan transportasi apa yang bisa kita pakai untuk tujuan travelling kita. Ada banyak alat transportasi umum yang  bisa kita pakai, seperti kereta api, bus, atau bahkan pesawat. Siapkan juga laporan hasil kesehatan dari rumah sakit, karena di masa pandemic gini kita dintuntut untuk selalu fit supaya tidak tertular atau menularkan virus Covid-19.

Perbekalan

Perbekalan ini penting, karena jaman sekarang mau jajan sembarangan juga ngeri ya kan. Lagian kita juga sebenarnya masih dilarang buat kumpul-kumpul. Jadi sebaiknya menyiapkan bekal sendiri buat di perjalanan. Namun jangan sampai bekal yang kita bawa ini nantinya malah membuat kita repot. Jadi siapkan perbekalan seperlunya saja, dan bawa bekal yang ringan-ringan aja.

Budget


Ini mestinya saya taro di poin pertama, karena kalau dananya gak ada ya kita gak mungkin bisa pergi ke mana-mana, cuma bisa mimpi aja. Jadi siapkan juga badget yang sekiranya cukup buat menuju tempat travelling dan segala hal menyangkut akomodasi juga transportasi. Jangan sampai karena memaksakan diri akan meninggalkan utang setelah pulang travelling.

Kondisikan Keamanan dan Keselamatan

Pastikan diri kita dalam keadaan sehat. Laporan kesehatan dari rumah sakit jadi sangat penting. Jangan sampai drop saat pulang wisata atau bahkan malah drop di tempat wisata, karena itu gak keren sama sekali. Maka pastikan dengan benar keamanan dan keselamatan selama travelling. Bila perlu bawa perlengkapan P3K selama wisata.

Fokus pada Tujuan

Jangan sampai berganti haluan ketika sedang berada dalam perjalanan travelling tanpa persiapan yang pas. Jadi fokuskan dulu ke satu tujuan. Karena terlalu banyak yang ingin dikunjungi hanya akan membuat pengeluaran jadi makin banyak, sehingga badget yang  semestinya cukup malah jadi kurang. Maka focus pada tujuan awal itu penting banget.

Evaluasi dan Tulis

Catat semua persiapan yang diperlukan, lalu ceklis apabila selesai. Lakukan semuanya sampai ke tahap akhir, hingga kita mulai merasa kalau kita benar-benar siap untuk melakukan travelling sesuai tujuan yang kita inginkan. Tulis semua ekspektasi yang kita bayangkan, buat membandingkan apakah yang ada di pemikiran indah, sebelum melakukan pembuktian pada saat travelling beneran kemudian hari.

 

16 thoughts on “5 Tempat Wisata Terbaik dan Tips Sebelum Travelling ke Manado

  1. Bunaken itu wishlist place yang udah aku rencanain dari masih sekolah. Tapi, sampe sekarang belum kesampean. Huhu aku pengen lihat ikan-ikan sama pengen menikmati pantainya yang cantik banget

  2. pengeeen banget snorkeling ke bunaken. Masyaallah terakhir snorkeling tahun 2015, lama bangeeeet haha. itu juga ke derawan belum sempat sampai bunaken. ah kangeeen mantai dan main sama ikaaaan. korona cepatlah ilaang haha.

  3. Wah Manado ini indah banget ya Kak kotanya. Tempat wisatanya juga aduh mau bikin kepengen mau kesana secepatnya.
    Terima kasih banyak tips-tips travelling nya ya Kak, bermanfaat banget nih habis masa pandemi Yuk kita cuss jalan-jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *