Pilihan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri dari Pemerintah Indonesia

Teman-teman ingin memiliki cita-cita atau rencana untuk kuliah di luar negeri? Ingin mendapatkan pendidikan ke jenjang selanjutnya seperti Master atau Doktoral? Ada keinginan mendapatkan beasiswa dari pemerintah agar meringankan biaya pendidikan secara finansial?

Diskusi kali ini, kita akan mengulas informasi beasiswa kuliah ke luar negeri dari pemerintah Indonesia. Meskipun sebenarnya banyak sekali program beasiswa kuliah dari dalam negeri maupun luar negeri yang dapat Anda coba. Berikut ini ulasan beasiswa kuliah ke luar negeri

#1 Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, merupakan salah satu pilihan yang paling banyak dicari oleh mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pendidikan ke luar Negeri.

Mungkin Anda sudah mendapatkan informasi ini juga dari beberapa media. LPDP menjadi pilihan beasiswa paling populer yang Ada di Indonesia untuk dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri.

LPDP dikelola oleh pemerintah, yaitu Kementerian Keuangan Negara, beasiswa LPDP memiliki tujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia terlebih untuk siswa yang berprestasi, yang akan menjadi penerus dalam pembangunan Indonesia.

Tak perlu heran, apabila kualifikasi yang diinginkan dari calon peserta beasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan serta semangat nasionalisme seperti salah satu kewajibanya dalam membuat esai yang berjudul “Kontribusiku Bagi Indonesia”

Tak hanya itu saja hlo, beasiswa kuliah ke luar negeri dari LPDP ini juga memiliki kategori khusus untuk Indonesia bagian Timur, santri, afirmasi, serta penyandang disabilitas pun dapat mengikuti program beasiswa kuliah ke luar negeri ini, tanpa terckecuali. LPDP memang kerena dah.

#2 Beasiswa Kuliah Unggulan Kemendikbud

Beasiswa kuliah ke luar negeri dari Kemendikbud ini mengutamakan beasiswa dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Beasiswa kuliah ini dikelola dan diawasi penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta kebudayaan.

Harapannya dengan beasiswa ini, para peserta yang di biayai pendidikanya ditumakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan serta kebudayaan.

Program beasiswa kuliah unggulan ini juga memiliki tujuan untuk mendukung pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan atar kelompok masyarakat, dengan begitu akan banyak peluang yang jauh lebih besar bagi masyarakat miskin maupun masyarakat yang tinggal di daerah.

Beasiswa kuliah yang diberikan oleh Kemendikbud ini juga tidak hanya diberikan untuk program Magister, doktoral saja, namun terdapat pula program beasiswa yang ditujukan kepada program beasiswa Sarjana.

Adapun beberapa kategori beasiswa, antara lain beasiswa kuliah masyarakat berprestasi, beasiswa kuliah unggulan 3T, dan beasiswa kuliah pegawai kemendikbud. Pihak Kemendikbud memberikan informasi pada halaman website resmi bahwa biaya program beasiswa kuliah tersebut tidak ahanya ditujukan untuk dosen saja, melainkan terbuka untuk siapa saja dan dalam bidang apapun.

#3 Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN)

Beasiswa kuliah yang satu ini diberikan oleh BPPDN yang ditujukan bagi dosen yang ingin mengembangkan pendidikanya. Misal Anda seosrang dosen tetap yang sedang bertugas di perguruang tinggi. Anda wajib mengikuti program beassiwa yang satu ini. Karena hampir sama dengan beasiswa sebelumnya, program beasiswa kuliah ini BPPDN ini juga dibiyayai oleh pemerintah.

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri ini berada dalam pengawasan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Namun tidak hanya dosen saja yang bisa mendapatkan pembiyaan pendidikan. Apabila Anda seorang tenaga kependidikan, Anda juga tetap dapat mengikuti program beasiswa kuliah ini.

Tenaga kependidikan yang dimaksudkan Apabila Anda seorang pegawai PNS maupun pegawai tetap Non PTS di dalam ruang lingkup Kementristekdisti, PNS di Kopertis atau lembaya layanan Pendidikan Tinggi, atau PNS di kantor Pusat Kemenrsitekdisti.

Biasanya untuk jenis beasiswa ini sering dibuka pendaftaranya pada pertengahan tahun, atau pada tepatnya bulan Juni. Pembukaan pendaftaran peserta beasiswa kuliah tahun 2019 dapat Anda cek melalui halaman website resmi Kemenristekdisti.

#4 Beasiwa Kuliah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Beasiwa kuliah kemenkominfo ini juga memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas, yang dapat Anda lihat pada halaman resmi situs ppid.kominfo.go.id

Siapa bilang program biasiswa hanya dapat diikuti oleh fresh graduate? Adapun program beasiswa yang ditujukan kepada Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun, seperti beasiswa kuliah yang ditawarkan oleh Kemenkominfo ini.

Jika Anda ingin mendaftarkan diri sebagai peserta beasiswa dari Kemenkominfo ini, Anda harus membuktikanya dengan surat keterangan bekerja atau juga bisa dengan surat rekomendasi dari perusahaan.

Beasiswa initidak hanya ditujukan bagi aparatur sipil negara, namun juga bisa diikuti oleh POLRI, TNI, dan karyawan/karyawati swasta yang telah bekerja pada bidang teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga bagi Anda yang memiliki pekerjaan dalam bidang tersebut, wajib mendaftarkan diri sebagai peserta beasiswa kuliah ini. Tak terkecuali, beasiswa kuliah ini juga sangat terbuka untuk umum termasuk penyandang disabilitas.

Syarat yang diberikan kepada para peserta beasiswa ini kurang lebih sama dengan beasiswa dari LPDP yaitu sangat menuntut jiwa kepemimpinan dan kesediaan untuk kembali ke Indonesia untuk ikut berkontribusi membangun kemajuan bangsa.

…pendaftaran beasiswa kuliah dari Kemenkominfo ini, biasaya dibuka mulai bulan Desember hingga februari.

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami berikan kepada Anda yang ingin mengikuti program beasiswa kuliah dari pemerintah Indonesia diluar maupun didalam negeri.

Ternyata banyak sekali upaya pemerintah untuk melakukan pembangunan di Indonesia, salah satunya memberikan biaya pendidikan bagi masyarakat yang berprestasi untuk mengembangkan pendidikanya ke level yang lebih tinggi.

Bagi Anda yang sedang berusaha mendapatkan beasiswa dari pemerintah, ada baiknya untuk sering melihat informasi di halaman website resmi kementerian-kementerian tersebut agar tidak ketinggalan informasi pendaftaran beasiswa kuliah. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, misalnya saja CV,  IELTS/TOEFL, dan Motivation Letter.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!