Google Adwords vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Baik?

Sebenarnya Agak berat nih membandingkan Antara Google Adwords vs Facebook Ads.

Sebuah pertandingan seru dalam strategi marketing di industri digital. Memang selain menggunakan teknik SEO. Teknik periklanan lebih cepat mendapatkan respon dari calon konsumen. 

Kenapa? Karena jika Anda menggunakan teknik SEO. Perlu beberapa minggu, bulan, bahkan tahun untuk mendapatkan rangking terbaik di halaman pencarian. 

Jika Anda berjualan online, saya yakin Anda sudah cukup memahami tentang search engine marketing pada halaman pencarian. 

Kemudian Google Ads serta FB Ads merupakan salah satu alternatif yang plaing tepat untuk memperkenalkan produk Anda, dan tentunya layanan tersebut berbayar. 

User atau pengguna Facebook memang cukup banyak. Namun user dari Facebok tersebut tidak cukup banyak dari pengguna Google. Tapi untuk kekuatan marketing, kedua pilihan tersebut boleh diadu.

…terus kalo melihat dari segi keunggulan serta kekuranganya. Siapa yang lebih baik antara Google Ads vs FB Ads?

Strategi Marketing Menggunakan Facebook Ads

Kelebihan Facebook Ads:

Pada dasarnya Facebook merupakan platform media sosial yang dapat digunakan untuk beromunikasi dengan orang lain sesama pengguna facebook.

…memungkinkan jika Anda memasang iklan di Facebook Ads lebih ke arah word of mouth yang tentunya akan membantu produk Anda lebih viral dan mendapatkan banyak tanggapan dari pengguna Facebook.

Ada 2 macam cara beriklan di Facebook, yaitu periklanan berdasarkan klik maupun berdasarkan penayangan iklan.

Kategori periklanan di FB Ads juga terbilang cukup detail. Pengguna Facebook sudah menyebar di seluruh bagian negara, sehingga target market sendiri memanglah harus detail

…periklanan Facebook sangat bagus apabila dimanfaatkan oleh pemilik usaha agar pemasaran mereka lebih tertarget.

…kenapa penggunaan iklan FB Ads dibuat secara mendetail? Karena Facebook tidak menggunakan keywords seperti Google Ads.

Pengguna akun Facebook Bisnis dapat melihat laporan periklanan melalui Facebook Ads Manager. Sehingga para pebisnis tinggal duduk manis melihat perkembangan dari periklanan yang dipasang. 

Kekurangan Facebook Ads:

Plaform Facebook tidak global seperti milik Google. Sehingga periklanan yang dipasang, hanya didapat oleh sesama pengguna Facebook saja. 

Strategi Marketing Menggunakan Google Ads

Hampir semua periklanan Google Ads tersebar di seluruh penjuru website. Simak ulasan keunggulan maupun kekurangan Google Ads berikut

Kelebihan Google Ads:

Kelebihan perikalanan Google Ads tentunya tidak dimiliki oleh FB Ads. Google Ads memiliki iklan yang dapat dilihat oleh seluruh pengguna internet. 

Google Ads memberikan kemudahan bagi pengguna internet ketika mencari sebuah produk menggunakan mesin pencarian, maka google akan menyesuaikan iklan yang tampil pada halaman pencarian maupun situs mitra Google. 

Penggunaan keyword berbahasa lokal pada iklan, maka akan lebih ditargetkan iklan menggunakan bahasa lokal tersebut. Tapi jika menggunakan keyword berbahasa inggris, seluruh pengguna internet di dunia dapat melihatnya. Semua tergantung keputusan si pemasang iklan, atau pengguna layanan Google Ads. 

Bagaimana cara melihat laporan performa iklan Google Ads? 

Periklanan di Gogole Ads dapat dimonitor performanya di Ads manager, sama halnya yang dimiliki oleh Facebook Ads. 

Kemudian tingkat akurasi Google Ads terlihat sangat menarik dan lengkap. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan lagi untuk melihat laporan periklanan. 

Sebagai mesin pencarian terbesar didunia, Google tentunya tidak ingin mengecewakan para usernya yang ada di berbagai negara.

Bagaimana dengan pengawasan iklan? Ada Ads manager juga di Google, sama seperti di FB. Tingkat akurasi Google dalam statistik juga ciamik. Sehingga anda gak perlu bingung dalam hal ini. Tentu sebagai mesin pencari terbesar, Google gak pengen lah kecewain pengguna nya yang seabrek.

Kekurangan Google Ads:

Mau gimana lagi, sudah ada hukum alam. Google tetaplah Google, tidak ada yang sempurna 100%. 

Kalau iklan Anda ada yang nyeleneh atau melanggar kebijakan Google, tentunya Anda bisa kena banned selamanya. 

Ini sebenarnya bukan kurang-kurang banget sih, tapi memang kita sebagai pengguna maupun mitra Google pun harus menjalin kerjasama dan mentaati kebijakan dari Google.

Jadi, apa pilihan anda?

Semoga ulasan singkat Google Ads vs Facebook Ads diatas dapat memberikan manfaat.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!