7 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis jerawat dan cara mengatasi jerawat yang perlu anda ketahui akan kami bahas lengkap disini. Jerawat adalah sebuah jenis penyakit kulit yang paling sering dialami oleh setiap orang.

Penyakit kulit ini sangat mengganggu, dan membuat orang yang mengidapnya tidak percaya diri karena mempengaruhi kencantikan wajah. Beberapa jenis jerawat yang ada di dunia medis sangat beragam dan perlu Anda ketahui.

Siapa sih yang tidak ingin penampilanya maksimal dan percaya diri di hadapan umum. Maka dari itu perawatan kulit wajah sangat perlu di perhatikan. Memiliki mulus tanpa jerawat mungkin saja, sesuatu yang paling di inginkan oleh sebagian besar orang. Karena jika kondisi kulit wajah tidak sehat dan berjerawat, tentu membuat diri merasa tidak nyaman dan percaya diri di ruang publik.

Jenis Jerawat dan Penanganannya

Jerawat dapat muncul pada laporan kulit, karena terdapat pori-pori kulit yang tersumbat. Sehingga cairan keringat yang tidak keluar ke permukaan kulit dapat memicu tumbuhnya semacam benjolan pada permukaan kulit.

Perawatan yang tidak sesuai justru akan memperparah kondisi kulit, bisa jadi bernanah dan iritasi kulit. Jerawat adalah penyakit kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya.

Jerawat sendiri terbentuk karena perubahan hormong yang dialami oleh seseorang dan biasanya timbul saat penderitanya mengalami streess berlebihan, menstruasi, maupun ketika dalam proses kehamilan. Selain perubahan hormong, jerawat juga dapat muncul pada kulit karena kurangnya kesadaran seseorang untuk hidup sehat dan merawat kondisi kulit.

Beberapa orang awam tidak menyangka bahwa jerawat hanya ada satu jenis saja. Serta tidak mengetahui cara penanganan yang baik, sehingga dapat menyebabkan kondisi kulit jerawat semakin buruk.

Berikut ini beberapa jenis jerawat dan cara penangananya:

1. Jerawat Biasa

Ini merupakan kondisi jerawat yang umum terjadi pada setiap orang. Karena hampir sebagian orang pernah mengalami jenis jerawat yang satu ini.

Jenis Jerawat

Jenis jerawat ini mudah dikenali dari bentuknya yang kecil dan kemerahan pada bagian kulit. Jerawat ini timbul dan mengakibatkan benjolan kecil karena adanya penyumbatan pori-pori kulit dan terinfeksi oleh bakteri priopionibacterium ance.

Bakteri pada kulit teresbut hidup di daerah di produksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang berada di bawah permukaan kulit. Dalam dunia medis disebut sebagai kelenjar sebaceous. Perlu Anda ketahui bahwa jenis bakteri yang satu ini yaitu dapat menimbulkan iritasi pada bagian kulit wajah dan sekitar kulit yang berjerawat. Penanganan yang salah, dapat mengakibatkan bakteri menyebar ke seluruh permukaan kulit wajah.

Cara Mengatasi Jenis Jerawat Biasa

Jika Anda ingin mengatasi jerawat biasa yang tiba-tiba muncul pada permukaan kulit ini dalam waktu segera, karena akan menghadiri sebuah acara penting. Anda dapat menanganinya dengan cara mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada kulit wajah sebelum tidur.

Pasta gigi mengandung fluroide yang memiliki khasiat untuk mengurangsi pembengkakan pada kulit jerawat. Selain itu Anda juga dapat menggunakan irisan tomat ataupun lemon sebagai masker untuk menghinglangkan jerawat maupun menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan segera.

2. Jerawat Nitrosica

Jenis jerawat ini perlu Anda waspadai, karena jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan lubang pada kulit wajah. Sehingga akan meninggalkan kecacatan pada kulit Anda.

Cegah Jerawat Nitrosica

Saran Pengobatan Jerawat Nitrosica

Pengobatan Jenis Jerawat Ini harus dengan bantuan dokter kulit yang sudah berpengalaman. Teknologi kencantikan seperti halnya mikrodermabrasi, perawatan kecantikan dan teknologi laser dapat membantu anda untuk menghilangkan jenis jerawat yang satu ini.

3. Jerawat Rosacea

Jerawat ini biasanya muncul pada seorang wanita yang berusia 30-50 tahun. Umumnya, jerawat ini akan tampak kemerahan pada kulit wajah dan menimbulkan peradangan pada kulit sekitarnya. Perandangan ini akan menimbulkan cacat pada kulit sisik seperti lipatan kulit hidung.

Cegah Jerawat Nitrosica

Saran Pengobatan Jenis Jerawat Rosacea

Jenis jerawat ini tentu membutuhkan perawatan khusus dari dokter kulit. Perawatan khusus ini terdiri dari penguapan sekitar kulit yang engalami peradangan, penyinaran sinar infra merah untuk pengeringan sekitar kulit yang mengalami infeksi jerawat.

4. Jerawat Batu

Penyakit kulit jerawat batu ini miliki ukurang yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan jerawat biasa. Jerawat batu lebih terlihat meradang warna merah.

Cegah Jerawat Batu

Kondisi kulit jerawat yang meradang ini apabila dibiarkan dan penanganan yang salah dapat berakibat fatal berupa meninggalkan bekas luka yang sulit untuk di hilangkan.

Dalam dunia medis, jerawat batu dikenal sebagai Cystic Acne yang muncul karena kelenjar minyak yang terlalu banyak serta diikuti pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu ini termasuk kategori jenis jerawat yang parah.

Saran Pengobatan Jerawat Batu

Ada baiknya untuk penderita penyakit kulit jerawat batu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Kemudian baru dapat menentukan jenis pengobatan serta perawatan yang tepat.

5. Komedo

Komedo sering muncul pada rongga atau pori-pori hidung. Hadirnya komedo ini pun dikarenakan terdapat kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan.

Cegah Jerawat Komedo

Komedo terdiri dari dua kategori yaitu komedo tertutup dan komedo yang terbuka. Komedo tertutup, bentuknya seperti benjolan kecil bewarna putih. Kemudian untuk komedo terbuka tampak pori-pori pada kulit berwarna hitam dan membesar.

Cara Pengobatan

Pengobatan jenis jerawat komedo ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan masker putih telur. Caranya yaitu dengan mencelupkan kapas kemudian di oleskan pada kulit yang terdapat jerawat komedo.

Tunggu beberapa saat hingga putih telur tersebut mengering selanjutnya angkat perlahan dari lapiran kulit kapas tersebut. Adana akan melihat hasilnya komedo terangkat dari pori-pori kulit.

6. Jerawat Juvenil 

Jerawat ini dapat muncul pada kulit ketika masa pubertas 14-20 tahun. Penyebab munculnya jerawat ini karena siklus hormonal yang masih belum stabil dalam produktifitas sebum.

Cegah Jerawat Juvenil

Cara mengatasi Jenis Jerawat Juvenil

Untuk dapat mengatasi jerawat ini, anda dapat menggunakan sabun wajah yang memiliki PH seimbang atau dengan menggunakan sabun bayi transculent.

Jenis jerawat juvenil merupakan jenis jerawat hasil perkembangan dari hormon, jadi harus diatasi dengan cara yang tepat dan tidak boleh asal-asalan. Karena jika tidak ditangani dengan cara yang tepat, jenis jerawat ini dapat mengakibatkan peradangan yang lebih parah pada permukaan kulit.

7. Jerawat Vulgaris

Jenis jerawat vulgaris adalah sejenis kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo tertutup, komedo terbuka serta jerawat yang diikuti dengan peradangan kulit yang bersisik.

Cegah Jerawat Vulgaris

Jerawat ini biasanya muncul pada masa remaja dan pada umumnya terjadi berkelanjutan hingga masa dewasa. Jerawat ini muncul karena bisa disebabkan kelebihan minya, perubahan hormonal, berlebihan menggunakan produk kosmetik, serta kulit mati yang tidak dapat berganti kulit sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi 

Perawatan yang tepat untuk kulit yang mengalami jerawat ini yaitu dengan menghilangkan bakteri yang terdapat pada kulit, mengendalikan minyak yang berlebihan, serta menstimulasi pergantian sel-sel kulit mati.

Jenis jerawat vulgaris ini dapat membaik sejalanya waktu tanpa adanya intervensi dari spesialis kulit. Maka dari itu anda harus paham, dan rajin untuk merawat kulit yang terindikasi berjerawat dengan cara yang tepat. Jerawat ini tidaklah menular dan dapat disembuhkan bertahap.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis jerawat yang ditemukan dalam dunia medis, baik itu yang muncul pada kulit pria maupun wanita. Bahkan juga ada jenis jerawat di punggung.

Adapun jenis jerawat dinamakan sesuai dengan tempat atau lokasi munculnya jerawat pada kulit, berikut ini beberapa jenis jerawat sesuai lokasi:

  1. Jerawat muka (paling umum)
  2. Jerawat di hidung
  3. Jerawat di dahi
  4. Jerawat di punggung
  5. Jerawat di leher
  6. Jerawat di bagian kem*lu*n
  7. Jerawat di paha

Tentu kita harus menyadari, bahwa jerawat dapat muncul di permukaan kulit dibagian manapun. Yang terpeting kita harus mengetahui cara mencegah serta mengatasi jerawat yang muncul tersebut.

Cara Mengatasi Jerawat di Wajah

Para pakar medis sudah mengembangkan beragam cara yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi jerawat di wajah. Bahkan tidak perlu menggunakan bahan kimia untuk melakukan perawatan medis tersebut, hanya perlu menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah kita temukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Berikut ini beberapa bahan yang dapat anda gunakan untuk mencegah dan mengobati jerawat ringan secara alami.

1. Madu Asli

Madu asli sudah dikenal dari jaman dahulu sebagai bahan untuk perawatan kesehatan serta kecantikan. Cara penggunaanya pun cukup mudah, hanya mengoleskan cairan madu pada kulit wajah anda, kemudian diamkan beberapa menit.

Selanjutnya bilas wajah anda menggunakan air bersih, dan gunakan handuk bayi yang lembut untuk mengeringkanya. Anda akan merasakan kulit terasa lebih segar, kencang dan bersih.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sering digunakan sebagai penghilang amis pada daging, menghilangkan minyak pada permukaan peralatan memasak. Nah jeruk nipis, ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar minyak yang terdapat pada kulit wajah.

Cara pengguaanya cukup mudah. Potong bagian jeruk nipis, kemudian usapkan perlahan ke bagian kulit wajah sebelum tidur atau ketika ada waktu santai. Sesudah itu, bilas wajah anda menggunakan air bersih jangan menggunakan sabun. Keringkan kulit wajah dengan menggunakan handuk lembut atau handuk bayi.

3. Mentimun

Diketahui mentimun memiliki jumlah kadar air yang lumayan banyak. Hal ini memungkinkan dapat digunakan untuk memperlancar saluran pori-pori pada wajah.

Cara pengguaanya cukup mudah, dengan cara iris mentimun menjadi beberapa bagian. Kemudian tempelkan pada kulit wajah anda yang muncul jerawat ringan.

4. Perawatan Kulit Wajah

Selain anda memanfaatkan bahan alami untuk mencegah ataupun mengatasi jerawat ringan. Tidak ada salahnya juga menggunakan produk kecantikan untuk perawatan kulit wajah dari dokter kulit ataupun klinik kecantikan.

Karena untuk mendapatkan wajah yang senantiasa bersih tidak hanya dengan menggunakan bahan alami dirumah, beragam produk kecantikan saat ini pun sudah ada yang dikembangkan dengan menggunakan bahan campuran herbal. Ditambah lagi pada dokter spesialis kulit ataupun klinik kecantikan terdapat alat yang lengkap untuk mengoptimalkan perawatan kulith wajah anda.

5. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Bisa karena terbiasa. Bisa sehat karena dibiasakan hidup sehat. Itu adalah kalimat yang perlu anda tanamkan dalam diri untuk mensyukuri serta merawat diri. Pasti, setiap orang mendambakan memiliki penampilan yang sempurna agar percaya diri diruang publik. Kebiasaan membersihkan kulit tentu harus menjadi hal yang rutin dilakukan untuk menghindari infeksi jerawat pada kulit.

Rutin membersihkan kulit wajah agar terhindar dari kotoran yang menumpuk, dapat dilakukan dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda.

Tips Agar Terhindar Dari Infeksi Jerawat Pada Wajah

Bagi anda yang telah melakukan proses pencegahan jerawat maupun pengobatan jerawat. Ada baiknya anda juga memiliki kebiasaan untuk pencegahan jerawat pada kulit wajah, berikut ini diantaranya:

  1. Mengurangi begadang dimalam hari
  2. Mengurangi atau bahkan berhenti merokok
  3. Menggunakan kosmetik sewajarnya dan sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki
  4. Menghindari makanan berlemak tinggi misalnya gorengan, cokelat, alkohol
  5. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman berkafein misalnya kopi
  6. Meminimalisir terjadinya resiko stress. Hal ini menyebabkan penderitanya mengkonsumsi makanan yang berlemak
  7. Membersihkan layar ponsel yang memungkinkan layar ini menjadi sarangnya bakteri. Tanpa disengaja menempel di kulit wajah.

Dalam dunia medis, penyakit kulit jerawat memang berbeda-beda penangannya. Namun dari beragam jenis jerawat lebih baik di pelajari apa sih penyebab jerawat muncul, bagaimana pencegahan  jerawat agar tidak muncul, bagaimana penanganan jerawat.

Pola hidup sehat harus diterapkan dalam kehidupan anda. Karena jika tidak menjaga kesehatan tentu dilain hari kita akan kecewa, begitu  mahalnya biaya untuk mengobati penyakit.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!