Jenis Komedo di Hidung dan Wajah Serta Cara Mengatasinya

Komedo kerap menjadi masalah serius bagi wajah kita. Kemedo yang muncul pada bagian wajah tentu membuat sesorang menjadi tidak percaya diri. Untuk pengobatan komedo sendiri, perlu melakukan cara khusus untuk menghilangkan komedo dengan cara alami serta perawatan oleh para ahli kulit dan kecantikan.

Namun, sebelum kita mengambil langkah pengobatan, perlu pengecekan lebih lanjut terkait jenis komedo yang ada pada wajah. Silahkan baca ulasan di bawah ini beberapa jenis komedo yang terdapat pada wajah dan hidung secara lengkap.

Penyebab Komedo di Wajah dan Hidung

Berikut ini beberapa jenis komedo yang sudah cukup sering dialami sebagian orang:

  • Penggunaan make up tebal berlebihan, kurangnya pemahaman pembersihan makeup setelah digunakan. Sehingga terdapat bedak yang masih tersisa, serta dapat menyumbat pori-pori. Inilah yang dapat membentuk atau menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah.
  • Jenis kulit yang berminyak sangat rentan munculnya komedo. Produksi minyak berlebihan sangat mudah terkontaminasi kotoran sehingga dapat menimbulkan komedo di bagian kulit wajah.
  • Kurangnya menjaga kebersihan wajah bisa menjadi masalah serius. Selain kotoran dapat menyumbat pori-pori kulit, juga dapat menyebabkan masalah lain yaitu komedo dan jerawat.

Dua Jenis Komedo Pada Kulit Wajah

Ada 2 jenis komendo yang dapat muncul pada bagian wajah dan hidung. Terdiri dari BlackHead ini sebutan jenis komedo yang berwarna kehitaman. Kemudian ada juga WhiteHead, sebutan jenis komedo yang berwarna keputihan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. BalckHead Komedo Hitam

Jenis komedo hitam merupakan salah satu jenis komedo pada wajah dan hidung yang sifatnya terbuka. Komedo hitam sendiri dapat dikenali dengan membesarnya foliket rambut wajah yang tertutup oleh kotoran pada permukaan kulit yang disebut sebum.

Komedo hitam sangat jelas terlihat, karena bagian komedo menutupi pori-pori dan terlihat membesar dan berwarna kehitaman. Warna hitam tersebut semakin menghitam, karena ter-oksidasi dengan udara atau lingkungan.

Komedo jenis ini sangat umum sering muncul pada saat remaja, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada usia dewasa. Banyak mitos yang menyatakan bahwa komedo hitam ini bersifat menular, namun hal ini tidak dibenarkan dalam dunia medis. Komedo hitam disebabkan oleh bakteri dan masih bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat.

2. WhiteHead Komedo Putih

Berbeda dengan komedo hitam, untuk jenis komedo putih sifatnya tertutup. Hal ini bisa dilihat sebuat kondisi dimana terdapat folikel rambut yang membesar, dan ditutupi oleh sebum dan debris keratin.

Komedo putih biasanya ditandai dengan munculnya kulit tumbuh pada bagian pori-pori yang tersumbat, sehingga bentuk permukaan kulit akan muncul seperti benjolan-benjolan dalam ukuran keci di bawah kulit wajah.

Jenis komedo putih ini pun akan tetap berwarna putih, tidak menghitam seperti komedo hitam. Karena komedo putih tidak teroksidasi oleh udara dan lingkungan luar. Sehingga sebum dan debris akan tetap berwarna putih.

Cara Menghilangkan Komedo WhiteHead dan BlackHead

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk perawatan kulit wajah Agar terhindar dari komedo WhiteHead dan BlackHead. Kulit wajah yang bersih dari gangguan komedo akan tampak lebih mempesona. Berikut beberapa ulasan kulit wajah yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah:

1. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan nutrisi yang tinggi, dan sering di manfaatkan untuk menghilangkan komedo pada kulit wajah. Selain digunakan untuk menghilangkan komedo, putih telur juga memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit wajah.

Cara penggunaan:

  • Pisahkan bagian putih telur dari kuning telur
  • Bersihkan wajah, terlebih dahulu sebelum menggunakan putih telur
  • Oleskan cairan putih telur tersebut pada wajah dengan lembut dan pijatan, agar cairan putih telur meresap
  • Diamkan beberapa menit, agar cairan putih telur mengering
  • Setelah cairan putih telur mengering, oleskan kembali putih telur ke wajah agar tercipta lapisan ke dua
  • Apabila lapisan putih telur pada wajah mengering, pada saat itu pula putih telur mulai bekerja menghilangkan residu pada wajah

2. Tanah Liat

Tanah liat sudah digunakan selama ber-abad-abad menjadi obat tradisional untuk penyakit kulit. Hal ini diketahui, karena molekul yang ada pada tanah liat memiliki kemampuan untuk menarik zat minyak serta kotoran pada kulit wajah. Sehingga memungkinkan untuk mengobati komedo dengan cara membuat masker dari tanah liat untuk menarik kotoran komedo.

Cara penggunaan:

  • Campur bahan tanah liat menggunakan air secukupnya, bentuk pasta tebal
  • Ketika bahan tanah liat sudah menjadi pasta, oleskan pasta tersetbut tipis merata
  • Diamkan sejenak masker tersebut selama kurang lebih 10-25 menit
  • Bilas menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut

3. Madu dan Susu

Madu memiliki kandungan antibaktero dan susu mengandung asam laktat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap kenyal dan lembut.

Cara penggunaan:

  • Campurkan bahan 1 sendok makan dengan 1 sendok makan susu
  • Panaskan keduan bahan campuran tersebut kurang lebih selama 5-10 detik di microwave
  • kemudian dinginkan kedua bahan yang telah dimasak tersebut, jika sudah pada suhu yang nyaman oleskan pada bagian kulit wajah Anda
  • Diamkan bahan campuran masker, kurang lebih minimal 20 menit agar meresap ke pori-pori dan mengering
  • Bersihkan wajah hingga bersih menggunakan air dingin, dan keringkan menggunakan handuk lembut agar tidak menggores kulit

4. Cuka Apel dan Daun Mint

Cuka sari apel dan campuran daun mint juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo pada hidung. Cuka sari apel memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab komedo pada wajah, kemudian campuran daun mint dimanfaatkan untuk memberikan sensasi dingin pada kulit. Campuran bahan ini sudah terbukti ampuh, khususnya bagi yang mengalami peradangan komedo.

Cara penggunaa:

  • Campurkan kedua bahan cuka sari apel dan daun mint ke dalam wadah botol. Kemudian diamkan selama kurang lebih 1 minggu
  • Saring kedua bahan yang telah dicampurkan tersebut ke wadah lain yang bersih, kemudian simpan selama 6 hari
  • Setelah bahan sudah jadi, gunakan cairan bahan tersebut setiap malam sebelum tidur, pastikan wajah sudah dalam kondisi bersih sebelum menggunakan bahan herbal tersebut
  • Bilas wajah dengan air bersih di pagi hari, keringkan menggunakan handuk lembut

5. Madu dan Kayu Manis

Campuran bahan madu dan kayu manis dapat dipercaya menghilangkan dua jenis komedo, yaitu jenis komedo hitam dan jenis komedo putih. Madu memiliki khasiat untuk membasmi bakteri wajah, sedangkan kayu manis memiliki khasiat menghaluskan dan mencerahkan kulit.

  • Campurkan kedua bahan madu dan kayu manis, hingga menjadi adonan pasta
  • Oleskan secara tipis di wajah, secara merata dan berikan beberapa pijatan pada kulit
  • Diamkan masker tersebut 3 hingga 5 menit, sampai masker terlihat kering
  • Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut
Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!