Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Dan Cara Perawatanya

Cegahjerawat.com – Mengenali jenis kulit Anda dengan baik merupakan salah satu cara kamu peduli dengan kesehatanmu. Seberapa jauh Anda mengenali jenis kulit Anda sendiri?

Suatu keharusan Anda mengetahui jenis kulit yang Anda miliki, karena dengan mengetahui jenis kulit yang anda miliki Anda dapat mengetahui cara tepat untuk perawatan kulit.

Merawat kulit dengan asal-asalan alias coba-coba, sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Misalnya cocok bagus, tapi misal tidak cocok bagaimana? Bukanya untung malah merugikan diri Anda! Perlu Anda ketahui bahwa perawatan kulit dengan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, dapat menjadi racun bagi kulit.

Sebelum Melakukan Perawatan Kulit, Kenali Jenis kulit wajahmu terlebih dahulu!

Sebelum semua terlambat dan Anda menyesali apa yang Anda lalukan, sekaranglah saat yang tepat untuk mulai mempelajari jenis kulit wajah Anda. Pahami, termasuk dalam kategori jenis apakah kulit wajah Anda dan cara perawatanya. Berikut ulasanya:

1. Jenis Kulit Normal

Kulit normal merupakan jenis kulit yang tidak memiliki banyak masalah, namun meskipun begitu harus tetap menjaga kebersihan untuk perawatnya.

Jenis Kulit Wajah

Jenis kulit wajah yang satu ini termasuk paling mudah untuk perawatanya. Kelembaban kulit yang seimbang, lapiran kulit yang tidak terlalu berminyak atau terlalu kering. Tentu bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal ini, tidak akan sering mengalami masalah pada kulit wajah.

Ciri-ciri kulit normal

Kelembaban dan elastisitanya selalu terjaga, lembut, segar, pori-pori kulit hampir tidak terlihat sama sekali, lembut, produksi minyak pada kulit terhitung wajar, tidak kusam ataupun kering.

Mesikpun tidak memiliki masalah serius pada kulit normal, bukan berarti Anda tidak perlu merawatnya. Karena kulit normal punĀ  perlu dirawat secara teratur untuk menjaga keindahan bentuk kulit wajah Anda. Hanya saja perawatnya tidak perawatan khusus pada kulit bermasalah lainya.

Perawatan jenis kulit normal hanya perlu menjaga kebersihan, penggunaan pelembab. Kalau jenis kulit normal tidak dirawat, sangat memungkinkan keriput, jerawat, bahkan komedo dapat muncul kapan saja.

2. Kulit Sensitif

Jenis kulit wajah yang satu ini memiliki sifat yang sangat tipis dan sangat peka ketika menggunakan berabagai macam produk kosmetik dan beragam kondisi lingkungan.

Jenis Kulit Wajah

Mungkin Anda pernah menemui orang-orang yang memiliki kondisi kulit seperti ini, atau bisa jadi Anda salah satu orang yang memiliki jenis kulit wajah yang tipis. Kondisi kulit ini sangat peka terhadap kondisi lingkungan dan terhadap benda-benda yang menempel pada lapisan kulit.

Hal itu dapat terjadi karena kondisi jenis kulit yang tipis, dimana pembuluh darah kapiler dan sarat terletak pada posisi yang sangat dekat dengan permukaan kulit. Sehingga jenis kulit wajah tipis ini dapat dengan mudahnya terkena alergi kulit.

Jenis kulit wajah ini tentu tidak mudah untuk diamati secara kasat mata. Untuk mengetahui jenis kulit wajah tipis, perlu di adakan pengecekan dari dermatolog. Namun Anda dapat mengenali ciri-ciri jenis kulit wajah berikut : kulit memiliki tekstur tipis, kulit terlihat kemerahan, mudah sekali terkena iritasi kulit dan alergi.

Pada dasarnya untuk melakukan perawatan jenis kulit tipis tidak ribet. Yang paling penting adalah untuk melakukan pencegahan serta melakukan perawatan untuk melindungi kulit agar tidak alergi atau iritasi pada kulit tipis. Penggunaan kosmetik yang mengandung tabir surya untuk menangkal radiasi sinar UV, gunakan pelembab kulit yang tepat sesuai jenis kulit, hindari konsumsi rokok, menjaga kebersihan wajah ketika usai beraktifitas berat atau sebelum tidur.

3. Kulit Kering

Jenis kulit kering sangat mudah dikenali karena jumlah kadar minyak yang sangat sedikit. Kekurangan kadar minyak ini membuat kondisi kulit tidak elastis, terlihat kasar, dan mudah sekali memperpendek usia kulit alias mudah sekali keriput.

Pada lapisan kulit kelenjar minyak tidak dapat memproduksi minyak dengan baik. Ini mengakibatkan kadar minyak tidak dapat melindungi lapisan atas kulit dengan baik.

Secara umum jenis kulit kering ini terlihat kusam, tidak elastis, kasar, mudah bersisik, muncul garis tipis pada wajah, pori-pori hampir tidak terlihat. Kondisi kulit kering, jika tidak ditangani dengan baik. Maka, sangat memungkinkan kulit akan sangat mudah mengalami peradangan, iritasi kulit, hingga cepat keriput.

Perawatan kulit haruslah telaten, terutama bagi kaum perempuan yang senantiasa menjaga kecantikan. Memiliki kebiasaan minum air putih secukupnya setiap hari, jangan terlalu lama mandi, hindari penggunaan mandi menggunakan air panas, hindari penggunaan sabut detergen, gunakan sabun mandi herbal, dan senantiasa menggunakan pelembab kulit untuk menjaga kelembaban.

4. Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak ini sangat mudah terkena kotoran dan lengket, karena produksi minyak pada lapisan kulit yang berlebihan. Produksi minya yang berlebihan tidak terkontrol biasanya pada bagian hidung, dagu, dahi.

Ada beragam hal yang mengakibatkan kulit berminyak, yaitu bisa jadi faktor pubertas, genetik, linkungan, konsumsi makan minuman dan akibat stress.

Kulit berminyak memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali, yaitu mudah lengket, berminyak, kulit terlihat mengkilat, pori-pori yang terlihat besar, kosmetik tidak mudah menempel pada kulit, memungkinkan sangat mudah terkena jerawat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Penanganan yang tepat, dengan cara mencuci wajah 3 kali sehari. Untuk mengurangi kadar minyak, gunakan tisu bersih untuk menyerap minyak.

Jenis Kulit Wajah

Jika pada lapisan kulit terlihat komedo jangan dipencet untuk mengeluarkan cairanya, karena akan mengakibatkan iritasi kulit. Gunakanlah produk kecantikan non comedogenic atau non oil untuk mengatasi hal tersebut.

5. Kulit Kombinasi

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, tentu akan sangat membutuhkan perawatan kombinasi juga. Jenis kulit kombinasi ini, biasanya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di lingkungan iklik tropis.

Jenis kulit kombinasi terlihat ketika kadar minyak pada wajah tidak merawata pada lapisan kulit. Beberapa lapisan kulit wajah, kadar minyak terlalu kering, pada bagian kulit lainya kadar minyak berlebihan.

Adapun jenis kulit kombinasi terdiri dari kering berminynak, berminyak sensitif, ataupun normal berminyak. Ciri-ciri jenis kulit kombinasi pada bagian T-zone wajah produksi minyak terlihat sangat aktif, namun pada area kulit yang lainya lebih cenderung kering atau bisa juga normal.

Selain itu, tektur pada lapisan kulit wajah yang berminyak terdapat penebalan lapisan kulit, namun pada area kulit kering ataupun normal lebih cenderung menipis.

Perawatan yang tepat untuk jenis kulit kombinasi ini, perlu perawatan kombinasi yang tepat. Maka dari itu, gunakanlah produk perawatan kulit wajah untuk produk kulit normal atau kering pada area pipi serta mata. Sedangkan untuk kulit berminyak gunakan produk kulit berminyak untuk area T-zone.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!