Jerawat Batu : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat batu yang muncul pada permukaan kulit wajah, tentu akan membuat wajah tampak kotor dan membuat kulit tidak sehat. Apalagi hal ini akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan jerawat yang ada pada wajahnya.

Pria dan Wanita, keduanya dapat memiliki jerawat pada kulit wajah kapan saja. Jika satu saja jerawat yang muncul pada permukaan kulit, tentu ingin sekali menghilangkanya.

Jerawat Batu

Beberapa orang bahkan dengan sengaja memecahkan jerawat dengan jari-jari mereka sekuat tenaga, untuk mengeluarkan cairan yang ada pada kulit wajah berjerawat tersebut. Kebiasaan tersebut masih banyak di lakukan oleh semua orang baik pria maupun wanita. Khususnya para wanita yang merasa terganggu dan tidak percaya diri dengan keberadaan jerawat di wajah.

Ketidak tahuan orang awam akan keberadaan jerawat batu ini justru memperparah keadaan. Misalnya saja, jari tangan yang digunakan untuk memecahkan jerawat dalam keadaan tidak steril. Sangat memungkinkan ini akan memicu infeksi kulit dan iritasi.

Adapun ketika berhasil memecahkan jerawat, tanpa sengaja jerawat yang pecah mengeluarkan cairan dan jari menyentuh bagian kulit wajah lain. Hal ini yang dapat memicu tumbuhnya jerawat lebih banyak.

Maka dari itu Anda harus mengetahui apa itu jerawat batu, agar Anda dapat berhati-hati agar tidak langsung memecahkan jerawat yang muncul pada kulit wajah.

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang tumbuh pada kulit dengan sifatnya keras. Ketika jari anda menekan bagian kulit wajah yang berjerawat, Anda akan merasakan sebutir kulit yang telah mengeras.

Kulit yang terkena jerawat batu apabila ditekan pelan, akan terasa ngilu. Bisa dikatakan bahwa jenis jerawat batu di wajah ini susah untuk di hilangkan. Perlu mendapatkan dokter ahli atau klinik kecantikan untuk melakukan perawatan kulit wajah agar jerawat dapat diatasi dan tidak menyebar.

Ciri-Ciri Jenis Jerawat Batu

Kenali ciri-ciri jerawat batu ini, untuk mengenali jenis jerawat pada kulit wajah Anda. Agar penanganan serta pengobatanya tepat, sehingga tidak mengakibatkan iritasi maupun infeksi kulit.

1. Ukuran Lebih Besar

Dilihat secara kasat mata, jerawat batu memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis jerawat lain.

2. Tekstur Lebih Kerad dan Sakit Jika Tersentuh atau ditekan

Cobalah untuk menyentuh atau meraba kulit wajah yang terkena jerawat. Jika jenis jerawat pada kulit anda jerawat batu, maka bisa dipastikan akan terasa keras.

Untuk memastikan jenis jerawat pada kulit wajah Anda, apakah jerawat batu atau tidak. Salah satu caranya yaitu menekan atau meraba bagian kulit yang berjerawat. Jika ditekan rasanya sakit berkelanjutan, dan tekstur keras maka itulah jerawat batu.

3. Mudah Menyebar di Bagian Kulit Wajah

Jenis jerawat batu sangat mudah menyebar di bagian kulit wajah. Apalagi jika ditambah keadaan penderita yang tidak menjaga kebersihan kulit wajah, sangat memungkinkan jerawat dapat menjalar ke bagian leher.

Ketika jerawat berhasil disembuhkan, biasanya meninggalkan bekas pada bagian kulit. Biasanya dalam bentuk lubang-lubang yang cukup terlihat. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena sudah banyak produk kecantikan yang dapat menghilangkan cacat kulit akibat jerawat batu ini.

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu

Sebaiknya jika Anda tidak ingin memiliki masalah serius jerawat batu pada bagian kulit wajah Anda, sebaiknya Anda memahami penyebab yang dapat menimbulkan jerawat batu. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya jerawat batu.

1. Faktor Genetik 

Sebagian besar orang yang terkena jerawat batu karena faktor genetik. Biasanya ditandai dengan jenis kulit wajah yang berminyak. Kemungkinan dikarenakan keluarga Anda memiliki jenis kulit yang berminyak.

Perlu diketahui bahwa jerawat batu sangat mudah tumbuh pada jenis kulit yang berminyak. Jika di keluarga Anda, terlihat ada anggota kelurga yang memiliki masalah jerawat batu maka sangat memungkinkan dapat terjadi pula kepada Anda.

Perhatikanlah kulit wajah Anda, jika memang jenis kulit yang memproduksi banyak minyak. Maka sebaiknya segera untuk membatasi asupan makanan yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah dan mulai hidup sehat, memperhatikan kebersihan kulit wajah.

Meskipun memiliki resiko wajah jerawat karena faktor genetik. Tentu untuk menekan resiko terkena jerawat batu, dengan cara pencegahan lebih baik dari pada mengobati.

2. Akibat Faktor Psikologis

Tingkat stress atau beban pikiran juga dapat mempengaruhi kondisi produksi hormon tubuh yang tidak terkendali. Terlalu banyak beban pikiran yang mengakibatkan stress dapat memicu timbulnya jerawat batu pada kulit wajah.

Penekanan otot wajah atau menegang ini menyebabkan meningkatkan produksi kelenjar minyak, ditambah lagi jika kondisi anda stress membuat diri Anda malas untuk membersihkan kulit wajah, sehingga bersiko meningkatkan bakteri pada wajah dan jumlah bakteri. Inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat batu.

3. Akibat Penggunaan Kosmetik

Bagi Anda yang rutin menggunakan kosmetik ketika melakukan kegiatan di luar rumah maupun di dalam rumah. Maka Anda perlu membiasakan diri untuk menghilangkan atau membersihkan kosmetik tersebut ketika sudah tidak dibutuhkan lagi.

Apalagi kebiasaan menggunakan produk kosmetik yang tebal pada bagian wajah. Kosmetik yang tidak dibersihkan tersebut, akan menutupi  pori-pori wajah. Ini dapat berakibat tersumbatnya pori-pori, dan menjadi tempat bakteri berkembang.

4. Akibat Konsumsi Pil KB

Seorang wanita yang sudah menikah dan mengikuti program KB. Tentu diharuskan untuk meminum Pil KB. Konsumsi Pil KB juga dapat memicu pertumbuhan jerawat batu, karena terjadinya perubahan imunitas di dalam tubuh.

Namun, jangan khawatir, untuk mencegah timbulnya jerawat Anda juga dapat melakukanya dari luar. Dengan cara tetap memperhatikan kebersihan kulit wajah.

Cara Mengatasi Jenis Jerawat Batu

Mungkin beberapa orang sudah merasa putus asa dengan hadirnya jerawat batu pada kulit wajah. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah akibat jerawat batu yang timbul.

Jerawat batu yang tumbuh satu di kulit wajah, ataupun yang sudah terlanjur banyak, tetap masih ada penanganan yang tepat. Setiap masalah pasti ada solusinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi jerawat batu.

1. Hindari Penggunaan Obat Jerawat Bahan Kimia

Kenali jenis kulit wajah Anda, jika menggunakan obat jerawat dari bahan kimia. Salah obat dapat mengakibatkan iritasi kulit, bahkan infeksi.

Bahan kimia dalam obat jerawat, cenderung menjadi pemicu timbulnya jerawat batu dan iritasi kulit. Jika ingin menggunakan obat jerawat, maka utamakanlah untuk menggunakan obat jerawat dari bahan herbal.

2. Gunakan Tomat

Buah tomat, kerap kali di jadikan bahan herbal untuk mengatasi jerawat batu. Penggunaannya pun cukup mudah, tanpa campuran bahan lain. Hanya cukup iris tomat dan mengusapkannya keseluruh permukaan kulit yang berjerawat.

Lebih efektif lagi, apabila Anda mengusapkanya ke bagian leher juga untuk mencegah bakteri jerawat batu yang menjalar ke bagian leher. Biarkan sejekan cairan tomat tersebut beberapa saat hingga meresap ke dalam kulit.

Untuk membersihkan wajah dari cairan tomat tersebut, gunakanlah air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut. Selain sangat efektif untuk menghilangkan jerawat, juga dapat membuat kulit wajah anda lebih kencang.

4. Gunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat batu pada wajah. Cara penggunannya hampir sama sepert tomat. Iris bagian jeruk nipis, kemudian oleskan kebagian wajah berjerawat.

Kulit akan terasa sangat perih, namun sebaiknya anda menahan rasa perih tersebut demi hilangkan jerawat batu. Biarkan cairan jeruk nipis meresap ke dalam pori-pori beberapa saat. Setelah itu bersihkan wajah menggunakan air hangat, dan keringkan menggunakan handuk lembut.

5. Facial Jerawat

Jika Anda ingin terhindar dari jerawat batu, salah satu cara yang paling efekti yaitu facial jerawat. Dengan facial secara rutin ini, memungkinkan anda mendapatkan hasil maksimal untuk kulit bersih dan bebas dari jerawat batu.

Perlu Diperhatikan Terkait Jerawat Batu

Sangat penting untuk diperhatikan, yang perlu anda ketahui terkait jerawat batu ini. Jika Anda memahami akibat serta resiko kebiasaan tidak merawat kulit yang baik, sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat batu pada kulit.

Maka, selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa hal untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah anda. Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang harus Anda perhatikan.

1. Langkah Pencegahan Jerawat Batu Pada Wajah

Mempelajari langkah pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Mengobati jerawat batu, berarti langkah pengobatan yang terjadi karena jerawat terlanjur tumbuh pada kulit wajah.

Berbeda dengan langkah pencegahan, maka kulit wajah belum berurusan dengan jerawat batu. Memahami cara mencegah jerawat batu, yang paling utama yaitu mengetahui cara tepat untuk membersihkan wajah dan dilakukan secara rutin.

Pembersihan kulit wajah ini tentu akan memberikan dampak yang baik pada pori-pori wajah. Kelembaban kulit terjaga, terhindar dari kotoran yang menghalangi.

Maka dari itu biasakan diri, ketika kulit wajah terlihat kusam dan kotor segera bersihkan. Perlu diperhatikan pula konsumsi makanan, meskipun kulit Anda bukan jenis kulit yang berminyak juga sangat beresiko produksi minyak berlebihan.

Kok bisa begitu? Misalnya Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar minyak atau lemak tinggi. Tentu sangat berpotensi produksi kelenjar minyak pada tubuh akan meningkat.

2. Kulit Wajah Yang Mudah Terkena Jerawat Batu

Pembahasan jerawat batu ini ditujukan kepada semua gender tanpa dibatasi oleh usia. Karena wanita, pria, tua maupun muda juga dapat terkena terkena jerawat batu.

Perbedaanya hanya pada usia muda atau menginjak remaja, jerawat batu akan lebih mudah muncul. Hal ini terjadi karena perubahan hormon. Serta kurangnya perhatian remaja dalam melakukan perawatan kulit.

Namun tidak menutup kemungkinan pula, orang dewasa terkena jerawat batu, karena penggunaan kosmetik dan tidak disiplin dalam melakuakn pembersihan wajah dari kosmetik setelah pengguaanya.

Maka dari itu, bagi anda yang ingin terhindar dari kulit wajah berjerawat, jagalah kebersihan kulit. Kemudian konsumsi makanan yang sehat untuk perawatan kulit dari dalam.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!