Masalah Jerawat Hormonal dan Cara Mengatasinya

Beberapa jerawat muncul akibat pengaruh dari luar, namun tak jarang jerawat juga dapat muncul karena faktor yang berbeda salah satunya karena hormon. Jerawat yang muncul karena hormon atau biasa disebut jerawat hormon, biasanya kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang di dalam tubuh.

Hormon yang ada di dalam tubuh yang tidak seimbang tersebut, menyebabkan terjadinya sekresi pada lemak kulit wajah dan kelenjar minyak.

Jerawat yang muncul akibat hormon yang tidak stabil ini banyak ditemui pada masa pubertas sesorang. Dimana pada masa pubertas ini, hormon libido akan meningkat sehingga memungkinkan penyebab timbulnya jerawat hormon.

Selain itu jerawat hormon juga biasa di alamai oleh kaum wanita dewasa yang biasa menjadi penyebab jerawat saat menstruasi, konsumsi pil KB stress, dan masa kehamilan. Namun, tidak menutup kemungkinan wanita yang mentruasi tidak mengalami jerawat. Karena hal ini tergantung pada faktor kestabilan hormon itu sendiri.

Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon

Berikut ini beberapa ciri-ciri jerawat karena hormon yang dapat dikenali

  1. Jerawat dapat muncul pada usia remaja 13-17 tahun, ini biasa dikenal sebagai masa-masa pubertas.
  2. Untuk awnita jerawat dapat muncul ketika masa kehamilan, mentruasi dan menjelang menopause.
  3. Jerawat hormon perlu perawatan khusus untuk mengilangkanya, tidak bisa dihilangkan dengan obat jerawat pada umumnya

Pengobatan jerawat karena hormon ini tidak hanya menggunakan obat-obatan pengendalian hormon. Namun penanganya juga dapat diimbangi dengan pola makan yang sehat untuk memberi nutrisi kulit. Karena makanan yang bernutrisi menjadi sebuah  obat alami dari dalam tubuh.

Cara tepat mengatasi munculnya jerawat karena hormon, ikuti beberapa langkah yang bisa Anda gunakan berikut ini

1. Menghindari Makanan Cepat Saji ( Junk Food )

Makanan cepat saji (junk food) merupakan jenis masakan yang memiliki kadar garam tinggi, sebainya hindari makanan dengan kandungan garam tinggi apabila Anda menderita jerawat hormonal. Misalnya saja Anda mengalami jerawat hormonal pasca melahirkan.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan cepat saji memiliki hubungan ataupun faktor penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, jenis minuman bersoda dan makanan yang memiliki kandungan gula tinggi juga dapat menimbulkan masalah jerawat ini.

2. Sangat Baik Mengkonsumsi Teh Hijau

Dari hasil penelitian oleh para pakar gizi, teh hijau diketahui memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan ampuh untuk mengurangi jerawat pada kulit. Teh hijau juga dapat mengurangi masalah iritasi kulit serta kulit keriput.

Penggunaan teh hijau juga dapat dikonsumsi 3 hingga 4 gelas dalam sehari. Tidak hanya dikonsumsi saja, ternyata teh hijau juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk perawatan kulit serta pencegahan jerawat.

Berikut ini cara pembuatan masker wajah dan cara penggunaanya:

  • Campurkan serbuk teh hijau dengan madu, kemudian oleskan ke bagian kulit wajah
  • Pijat perlahan selama dua menit agar masker dapat meresap ke pori-pori (memutar searah jarum jam)
  • Setelah itu bilas kulit wajah menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut (handuk bayi)

3. Mengkonsumsi Probiotik

Sistem kekebalan tubuh juga dapat memberikan pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda dapat mengkonsumsi Probiotik.

Probiotik memiliki kandungan bakteri baik untuk tubuh, serta dapat membantu menyerap nutrisi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Berkonsultasi dengan Dokter Ahli

Apabila Anda mengalami masalah serius dengan jerawat dan terlanjur parah kondisinya, serta tidak memungkinkan apabila diatasi sendiri. Maka akan lebih baik apabila dikonsultasikan dengan Dokter.

Setelah melakukan analisa penyebab jerawat yang tergolong parah tersebut, Dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan jenis kulit dan jerawat yang diderita.

Namun hal ini belum cukup membantu. Karena tetap Anda yang harus mengontrol diri, untuk dapat membiasakan diri tidur normal selama 8 jam sehari. Membiasakan diri minum air putih dan juga vitamin untuk mengurangi timbulnya jerawat karena hormonal ini.

Merubah gaya hidup yang biasanya tidak memikirkan kesehatan, mulailah gaya hidup sehat dengan rajin olahraga lari-lari ringan dan menghilangkan stress dengan olahraga yoga.

5. Pencegahan Jerawat mulai Dari Diri Sendiri

Jika sudah memahami beberapa langkah diatas, untuk mencegah dan menghilangkan jerawat juga dapat dilakukan dari diri sendiri dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Rajin membersihkan ruangan kamar, dari selimut, guling, bantal, handuk yang digunakan untuk mengeringkan kulit wajah agar tidak ada bakteri yang menyebabkan infeksi kulit.

Mulailah membiasakan diri untuk membersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari, pada pagi hari maupun sebelum tidur maupun setelah beraktivitas yang berat (wajah kotor dan bekeringat). Sediakan pula di kotak dadurat obat penghilang bekas jerawat yang memiliki kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk mengatasi jerawat hormonal

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!