7 Manfaat Bersepeda Terbaik untuk Diet

Diposting pada

Tahukah apa saja manfaat bersepeda untuk diet? Saat pandemi gini, olahraga bersepeda sangatlah populer. Mengingat banyak tempat olahraga yang terpaksa tutup demi kebaikan ersama. Tapi jangan khawatir, karena masih banyak olahraga yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan bersepeda. Bersepeda mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, seperti: membantu melancarkan diet, sehingga dapat membantu mempercepat penurunan berat badan.

Bersepeda ini termasuk jenis olahraga cardio, yang dapat membantu meningkatkan detak jantung, serta membantu meningkatkan laju pernapasan. Jantung mempunyai fungsi buat menyalurkan oksigen dalam aliran darah dan membantu proses kerja otot.

Ketika kita bersepeda, energi yang kita perlukan sangat banyak. Maka dari itu tubuh akan membakar kalori yang ada di dalam tubuh, sehingga berat badan pun turun atau mengecilkan perut yang buncit.

Manfaat Bersepeda untuk Diet

manfaat bersepeda

Mari kita bahas apa saja manfaat bersepeda untuk memaksimalkan program diet.

Membakar Kalori

Bersepeda dapat membantu pembakaran kalori lebih banyak dibandingkan rebahan doang, sehingga cocok untuk siapapun yang sedang mejalankan program diet. Sebenarnya pengertian diet adalah program mengatur pola makan. Namun kebanyakan orang menganggap bahwa diet adalah usaha seseorang dalam menurunkan berat badan. Padahal anggapan ini keliru. Orang yang sedang menaikkan berat badan pun disebut diet, karena da upaya mengatur pola makan. Nah saat sedang diet ini semestinya harus diimbangi juga dengan olahraga, misalnya bersepeda.

Ketika kita makan, ada sejumlah kalori yang masuk ke tubuh. Kalori ini yang nantinya dijadikan sebagai sumber energi tubuh. Tapi hati-hati, jika terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh, akan membuat perut kita menjadi buncit dan hanya akan menggagalkan proses diet. Apalagi makan yang banyak kita konsumsi cemilan bersaudara 3 ci, alias cimol, cilok dan cireng.

Agar kalori yang berada di tubuh kita tidak meningkat dan tidak menyebabkan berat badan bertambah, maka bersepeda minimal 30 menit wajib dilakukan, untuk membantu tubuh membakar kalori.

Baca juga Persiapan Adabtasi di Era New Normal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Rajin bersepeda dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan jantung. Karena bersepeda termasuk olahraga jenis kardio, yang efektif membantu memperkuat otot jantung, dan mengontrol denyut nadi, melancarkan aliran darah serta membantu mengurangi kadar lemak darah.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dengan rajin bersepeda dapat membantu kita dalam mengurangi polusi udara yang masuk ke dalam tubuh. Dengan bersepeda ini membantu melindungi jantung, dan membuat tekanan jantung menjadi lebih stabil.

Mencegah Kencing Manis

Selain bermanfaat bagi orang yang sedang diet, bersepeda juga bisa mencegah kencing manis atau diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis, yang dapat disebabkan karena tingginya kadar gula yang ada di dalam tubuh. Orang yang mengalami kencing manis, biasanya akan lebih disarankan untuk menjalankan program diet, guna untuk mengurangi asupan gula yang sudah kita konsumsi setiap harinya.

Orang yang mengalami kencing manis, biasanya akibat jarang melakukan olahraga sehingga tak jarang penderita kencing manis juga disertai obesitas. Menurut sumber yang pernah saya baca, ada penelitian yang menyebutkan bahwa setidaknya kita harus bersepeda selama 30 menit dan mengurangi asupan glukosa.

Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat bersepeda juga bisa membantu menjaga kesehatan mental di era new normal seperti sekarang ini. Kita semua tahu, sejak adanya pandemi ini, terjadi peningkatan stres di kalangan masyarakat. Ada yang disebabkan stres karena dirumahkan, saudara yang terserang virus, penghasilan menurun, dan banyak faktor lain yang menjadi penyebab stres.

Sebenarnya stres ini dapat dihilangkan dengan cara bersepeda. Ketika kita bersepeda ke daerah yang penuh dengan hijau-hijauan misalnya di taman atau di daerah persawahan. Kita dapat menikmati suasana alam yang dipercaya dapat membuat pikiran kita dapat lebih jernih, dan suasana hati kita akan jadi lebih tenang, tak mudah marah, dan lebih bahagia.

Meningkatkan Stamina

Bersepeda termasuk salah satu jenis olahraga ringan yang jadi cara paling baik untuk meningkatkan stamina. Sebab ketika bersepeda, kita akan mengayuh lebih lama. Berbeda jika dibandingkan dengan ketika berjalan kaki atau melakukan aerobik. Selain itu, manfaat bersepeda juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru paru yang akhirnya membuat kita bisa bekerja lebih efisien karena mampu mendapatkan sumber energi.

Menguatkan Otot

bersepeda
Manfaat bersepeda

Bersepeda adalah olahraha yang melibatkan banyak gerakan mengayuh. Hal ini sangat penting untuk mengencangkan dan menguatkan otot seperti paha dan betis. Sehingga manfaat bersepeda sanga efektif dalam melatih fisik secara menyeluruh. Karena hampir semua bagian tubuh ikut terlatih saat bersepeda. Dengan meningkatkan kekuatan otot.

Membakar Kalori Lebih Cepat

Jika kita melakukan bersepeda secara teratur, tubuh kita akan membakar kalori sampai 300 kalori per jam. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa dalam kecepatan sedang kita bisa membakar sekitar 400 kalori per jam, sedangkan dengan kecepatan 10 hingga 11 mph kita dapat membakar 700 kalori dengan medan berat selama 1 jam. Bersepeda secara teratur selama 1 tahun efektif dalam membakar lemak keseluruhan tubug sebanyak 5 kg, yakni cukup dengan bersepeda selama 30 menit sehari dengan kecepatan sedang.

Demikian beberapa manfaat bersepeda untuk yang lagi diet. Semoga membantu dan lekas turun berat badannya. Kadang tantangan paling berat ketika diet adalah konsistensi, maka postingan ini bertujuan untuk memotivasi teman-teman sekalian untuk tetap konsisten dalam melakukan program diet.

17 thoughts on “7 Manfaat Bersepeda Terbaik untuk Diet

  1. Lagi trend nih sepedaan ya palagi selama pandemi gini. Emang bener sepedaan bisa melepaskan penat, membakar kalori dan bagus untuk diet. Cuman klo abis sepedaan saya bawaannya laper kak trus makan besar jadi sama aja bohong wkwk..Gatot dah dietnya..

  2. Bersepeda emang menyehatkan ya kak,karena tanpa disadari bisa nurunin BB juga asal bersepedanya konsisten.
    Oh ya kak,yang pastinya kalau ingin bersepeda jangan membawa barang berlebih atau mencolok ya kan, soalnya berita di tv sekarang udah ada pesepeda yang jadi korban begal saat dijalan raya. Entah itu kondisi nya lagi sepi atau sedang sendirian,waspada tetap di utamakan juga

  3. seru banget ya naik sepeda tuh, makanya sekarang happening banget naik sepeda. bener nih salah satu olahraga biar bisa kurus ya dengan naik sepeda. biar sekalian badannya jadi otot bukan jadi lemak hehe.

  4. Kali ini aku mau mencoba naik sepeda lagi meskipun masih latihan di dalam rumah tapi lumayan juga sih bikin keringatan soalnya masih takut kalau sepedaan Di luar rumah makanya ada yang kena covid gara-gara olahraga di lapangan

  5. Udah seminggu ini ga gowes nich kak… bahkan ngantor juga lagi ga pake sepeda… kembali nyaman dengan motor… padahal udah hampir sebulan belakangan rutin 2 hari sekali naik sepeda ke kantor… biar ada olahraganya… semoga besok semangat gowes lagi ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *