MySQL 3 : Cara Membuat Tabel di MySQL

Melanjutkan pembahasan sebelumnya terkait pembuatan database di MySQL. Sekarang kita akan berlanjut ke pembahasan membuat table di MYSQL.

Bagian pembentuk struktru didalam dabatabase MySQL yaitu table. Sebuah tabel berisi informasi yang akan di masukkan dan rekam pada database yang sebelumnya telah dibuat.

Untuk dapat membuat table di MySQL, Anda harus menyeleksi database yang akan diaktifkan sebagai media penyimpanan tabel.

Hanya memelurkan waktu beberapa menit saja untuk mempersiapkan database dan table di MySQL.

Langkah pertama silahkan masuk terlebih dahulu di halaman CLI root MySQL. Kemudian seleksi database yang akan Anda gunakan, dan mengentri bagian-bagian dari tabel.

Pada ulasan kali ini kita akan menggunakan database “db_bukadiskusi1” yang telah kita buat sebelumnya.

Kemudian kita akan memasukkan data table berupa nim, nama mahasiswa, jenis_kelamin, alamat. Saya anggap Anda sudah paham cara mengaktifkan halaman CLI MySQL

Masukkan perintah berikut di Command Promt (cmd) CLI MySQL dengan menggunakan user root

CREATE TABLE nama_tabel (
nama_kolom1 type_kolom1,
nama_kolom2 type_kolom2,
nama_kolom3 type_kolom3,
dst.......,
primary key (nama_kolom)
);

Pada perintah script dibawah ini bagian-bagian untuk membuat table field sesuai dengan rencana awal yaitu nim, nama_mhs, jenis_klm dan alamat.

Kita akan membuat NIM sebagai primary key. Pastikan teman-teman sudah membaca pembahasan primary key dan contohnya, agar tidak bingung dalam memahami primary key pada MySQL

CREATE TABLE Mahasiswa (
nim varchar (20),
nama_mahasiswa varchar (50),
jenis_kelamin enum ("L","P"),
alamat varchar (50),
primary key (nim)
);

Penjelasan lanjutan:

Pada ulasan kali ini kita akan membuat bagian-bagian dari tabel mahasiswa dengan kolom nim, nama_mhs, jenis_klm, dan alamat

Pada kolom NIM akan digunakan sebagai primary key, yang artinya tidak boleh ada data yang dimasukkan dengan nilai yang sama, alias nilainya unik satu sama lain.

Sedangkan pada data enum yang artiknya data yang dimasukkan hanya huruf identitas P dan L saja, selain itu data yang diinput akan ditolak dan tidak tersimpan didatabase.

Setiap data yang dimasukkan ke dalam table akan disimpan sesuai dengan jenis field yang dimasukkan. Ini memungkinkan data di MySQl dapat berinteraksi dengan pengelolaan data tersebut dengan tambahan cara yang berbeda.

Jenis data yang dimasukkan pun akan sangat tergantung dengan permintaan data yang telah dibuat didalam tabel berupa field.

Ada banyak sekali jenis table yang dapat melebih ini tetapi pada dasarnya admin dapat menggunakan tipe data yang berbeda untuk membuatnya dapat aktif sebagaimana mestinya.

INT merupakan jenis tipe data yang digunakan untuk identitas bilangan maupun yang sering digunakan untuk pengisiap ID maupun digit Angka.

VARCHAR merupakan bagian dari jenis tipe data yang digunakan untuk menentukan sebuah input data berupa teks maupun string. Biasanya Anda akan diminta untuk menentukan batasan jumlah karakter yang akan dimasukkan kedalam tabel MySQL.

Misalnya jenis data yang akan dibuat VARCHAR(30).

Penggunaan tipe data VARCHAR ini juga dapat digunakan sebagai tipe data yang dapat diisi angka dan text. Misalnya fiel nomor telfon juga dapat dimasukkan dengan menggunakan tipe data ini.

ENUM merupakan sebuah tipe dapat yang dikhususkan sebagai tipe data yang seharusnya sudah ditentunkan pada saat pembuatan bagian field table.

Misalnya ada sebuah pilihan angka 1 hingga 65,535 dengan tipe data string. Adapun sebuah kolom yang hanya didefinisikan sebagai ENUM yang hanya dapat memilih satu diantara sekian banyak pilihan yang tersedia. Misalnya Yes dan No.

Pengecekan table yang telah dibuat

Anda dapat melakukna pengecekan table yang ada didatabase MySQL dengan perintah

SHOW TABLES;

Pengecekan Bidang Tabel Yang dibuat

Untuk dapat melihat isi dari bagian-bagian table yang telah dibuat dapat melihatnya dengan memasukkan perintah script di CLI

DESC nama_tabel;

Sekian pembahasan pembuatan table di MySQL. Apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan silahkan isi kolom komentar di bawah ini.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!