Pengaruh Perkembangan Ekonomi Terhadap Iklim Investasi

Setiap investor tentu ingin mendapatkan keuntungan yang optimal dari setiap investasi yang dijalaninya. Namun, keuntungan yang optimal tidak bisa dihasilkan begitu saja mengingat ada berbagai faktor yang bisa menghambat raihan keuntungan secara optimal. Mulai dari faktor internal dimana Anda salah dalam mengambil keputusan investasi sampai faktor eksternal seperti perkembangan atau pertumbuhan ekonomi. Namun, apa pengaruh perkembangan ekonomi terhadap iklim investasi di Indonesia? Berikut ini penjelasannya.

Meningkatkan kepercayaan investor asing

Salah satu alasan mengapa perkembangan ekonomi punya peran besar terhadap iklim investasi yakni kepercayaan investor asing terhadap perekonomian di Indonesia. Ya, hingga saat ini, iklim investasi di Indonesia masih bergantung pada investor asing dimana mayoritas investor berasal dari luar negeri. Ketika perkembangan ekonomi Indonesia melambat, maka secara tidak langsung kepercayaan investor asing juga akan menurun yang berdampak pada semakin lesunya iklim investasi di Indonesia. Sehingga, diperlukan usaha dari pemerintah untuk menjaga perkembangan ekonomi sekaligus menjaga iklim investasi di Indonesia agar tetap memiliki potensi besar.

Membuat investasi berjalan lancar

Tidak hanya bisa meningkatkan kepercayaan investor asing terhadap iklim investasi di Indonesia, perkembangan ekonomi yang terjaga di Indonesia juga bisa membuat investasi berjalan lebih lancar. Hal ini tak lepas dari kondisi perekonomian yang terjaga sehingga membuat setiap investasi berjalan sesuai harapan. Salah satu skema investasi yang sangat bergantung pada kondisi perkonomian yakni peer to peer lending.

Skema peer to peer lending Indonesia sangat bergantung pada perkembangan ekonomi di Indonesia. Karena, ketika perekonomian tengah melambat, maka secara tidak langsung para peminjam dana yang meminjam melalui platform ini akan kesulitan mengembalikan uang yang dipinjamnya. Hal ini akan memberikan efek domino kepada para investor yang berpotensi mengalami risiko gagal bayar. Sehingga, bisa dikatakan iklim investasi di Indonesia sangat bergantung pada perkembangan perekonomian yang terjadi di Indonesia

Itulah ulasan seputar kaitan antara perkembangan perekonomian dengan iklim investasi di Indonesia. Semoga bisa menjadi acuan dalam meminimalisir risiko investasi.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!