Penyebab Jerawat di Daun Telinga dan Cara Mengatasinya

Pernahkan Anda merasakan keanehan muncul jerawat di daun telinga? Kok bisa ya jerawat muncul di bagian tubuh lain selain wajah? Mari pahami, penyebab jerawat di daun telingan dan cara mengatasinya.

Jerawat yang muncul di daun telinga sering kali menimbulkan rasa nyeri tak jarang juga membuat penderitanya sakit kepala (terasa pusing).

Jenis Jerawat di Daun Telinga

Selain dapat menimbulkan nyeri, jerawat yang muncul di daun telinga pun sangat mengganggu ketika akan menggunakan alat komunikasi seperti handphone. Apalagi, bagi yang mereka menggunakan alat bantu dengar (headphone/headset) pasti sangat tidak nyaman.

Penyebab Timbulnya Jerawat di Daun Telinga

Bagi Anda yang tidak ingin atau sudah terlanjur terkena jerawat di daun telinga. Alangkah baiknya pahami beberapa penyebab timbulnya jerawat di daun telinga.

Ada berbagai macal ha yang dapat menyebabkan jerawat pada daun telinga, jika kita mengenali penyebabnya lebih awal tentu kita dapat menghindari jerawat di daun telinga ini. Berikut ini kami berikan informasi mengenai 10 penyebab yang dapat memicu timbulnya jerawat pada daun telinga. Antara lain:

1. Daun Telinga Dalam Kondisi Kotor

Kebiasaan yang acuh terhadap kebersihan telinga pun bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di daun telinga. Untuk dapat membersihkan telinga kita cukup membersihkanya dengan alat pembersih telinga yang sudah terbukti steril agar telinga bersih dan terhindari dari infeksi bakteri.

2. Alat Pembersih Telinga Tidak Steril

Adapun beberapa orang asal-asalan dalam membersihkan terlinga. Penggunaan alat pembersih yang tidak steril dapat memicu pertumbuhan bakteri pada daun telinga dan inilah yang akan memicu masalah lain yaitu jerawat di daun telinga.

Alat pembersih telinga yang terbuat dari logam ataupun bahan lain yang digunakan bergiliran dengan keluarga ataupun teman, sangat perlu diperhatikan terkait kebersihanya. Apabila tidak diperhatikan, niat untuk membersihkan telinga, justru akan menyebabkan masalah serius dari infeksi telinga hingga masalah jerawat di daun telinga akibat terinfeksi bakteri pada alat pembersih.

3. Luka Pada Daun Telinga

4. Produksi Minyak Berlebihan

Tidak hanya bagian kulit wajah saja yang memiliki produksi minyak. Karena pada kulit telinga pun, produksi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat.

5. Iritasi Kulit

Dalam dunia medis pernah ditemukan bahwa penggunaan anting dan aksesoris dapat menyebabkan iritasi kulit yang memicu timbulnya jerawat di daun telinga.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada sebagian orang yang menderita alergi logam seperti emas ataupun perak. Nah jika diketahui aksesoris telinga berbahan logam menjadi penyebab iritasi kulit anda, sebaiknya diganti menggunkan aksesoris yang berbahan non logam.

Apabila terlalu memaksakan diri untuk menggunakan aksesoris logam di telinga, tentu akan menyebabkan efek alergi kulit, sehingga hal ini dapat menimbulkan masalah baru yaitu jerawat bernanah diikuti rasa nyeri yang tentu akan membuat Anda tidak nyaman.

7. Sel Kulit Mati Yang Menumpuk

Adapun sel kulit mati yang ada di daun telinga, dan tak jarang hal ini menjadi peyebab jerawat di daun telinga. Sel kulit yang menumpuk pada daun telinga, menyebabkan bakteri mudah berkembang biak dapat menimbulkan jerawat di daun telinga. Maka dari itu, perlu di perhatikan ketika mandi untuk membersihkan bagian daun telinga.

8. Kondisi Rambut Yang Kotor

Rambut yang panjang tentu akan menutupi bagian daun telinga, kadang juga menutupi bagian wajah. Rambut, wajah, dan telinga tentu letaknya sangat berdekatan. Jika rambut dalam kondisi kotor, akan sangat mudah menularkan bakteri jerawat pada daun telinga maupun wajah.

9. Alergi Makanan

Makanan yang Anda konsumsi mungkin salah satu makanan penyebab jerawat, baik itu bagian tubuh punggung, wajah, maupun jerawat di daun telinga.

10. Kebiasaan Sering Menyentuh Telinga

Tanpa kita sadari, mungkin kita sering menyentuh telinga beberapa waktu. Kebisaan menyentuk telinga dengan tangan, memungkinkan dapat menularkan bateri dari tangan kebagian daun telinga. Seperti yang kita semua ketahui, bahwa tangan merupakan organ tubuh yang menjadi salah satu sarang bakteri.

Cara Mengatasi Jerawat di Daun Telinga

Setelah memahami beberapa penyebab munculnya jerawat di daun telinga. Untuk ulasan selanjutnya mari kita lanjut bahas, tentang beberapa rapa cara tepat untung mengatasi jerawat pada daun telinga. Kurang lebih ada 5 cara ampung untuk mengatasi jerawat di daun telinga, ikut cara berikut ini:

1. Rutin Membersihkan Telinga

Selalu menjaga kebersihan telinga, agar terhindar dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat daun telinga. Bersihkan daun telinga yang berjerawat menggunakan sabun cari antiseptic ataupun menggunakan alkohol pembersih luka.

2. Rutin Membersihkan Rambut

Apabila Anda memiliki rambut yang panjang, sehingga menutupi telinga. Maka sebaiknya jaga kebersihan rambut, agar ketika berinteraksi dengan telinga tidak mengotorinya. Bersihkan rambut dengan cara rutin keramas setiap hari.

3. Memberikan obat oles jerawat di daun telinga

Sebaiknya gunakan ceram obat penghilang jerawat yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Karena obat oles ini juga dapat digunakan di bagian tubuh lain, seperti mengatasi jerawat di telinga.

4. Menghindari Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Tinggi

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, akan memicu produksi minyak pada kulit termasuk produksi kelenjar minyak yang ada di telinga. Minyak yang diproduksi tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan resiko penyakit kolestrol.

5. Lepaskan Aksesoris yang Menjadi Penyebab Alergi Kulit

Jika jerawat di daun telinga muncul karena adanya alergi pada logam, sebaiknya segera lepaskan dan gunakan aksesoris yang non ogam jika ingin menggunakanya.

Timbulnya jerawat di daun telinga membuat penderita merasa tidak nyaman, karena rasa nyeri yang membuat kepada pusing sebaiknya segera diatas. Rasa nyeri berlebihan dapat mengganggu keseimbangan fungsi otak dan penyebab vertigo.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!