Penyebab Jerawat Di Punggung

Jerawat di punggung merupakan salah satu dari beragam jenis jerawat yang dapat timbul pada lapisan kulit seseorang. Dari masa ke masa, belum ada satupun orang yang tidak pernah terkena jerawat meskipun hanya sekali saja seumur hidupnya.

Jerawat sangat umum terjadi pada semua orang, yang timbul pada lapisan kulit. Seperti halnya peyebab terjadinya jerawat batu pada lapiras kulit wajah. Jenis jerawat ini tentu sangat menganggu penampilan dan tidak membuat penderitanya tidak percaya diri.

Namun, ternyata tidak semua jerawat muncul di permukaan kulit wajah saja. Jerawat juga dapat muncul pada bagian tubuh lainya, misalnya di bagian punggung.

Meskipun jenis jerawat di punggung ini tidak terlalu menganggu penampilan, namun jenis jerawat kulit ini cukup menyakitkan jika tidak sengaja pecah. Tentu hal tersebut dapat menganggu kenyamanan tubuh dalam bergerak.

Jerawat di Punggung

Banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat di punggung. Berikut ini beberapa diantaranya penyebab munculnya jerawat di punggung:

1. Penyumbatan Pori-Pori Lapiran Kulit

Jenis jerawat di punggung ini sering dialami oleh kebanyakan kaum pria. Hal ini disebabkan pria mempunyai kelenjar keringan yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan produksi keringat oleh kaum wanita.

Keringan yang dihasilkan oleh pria ini secara normal keluar melalui pori-pori kulit untuk menguap. Nah apabila terjadi penyumbatan pada lapisan kulit, tentu pada dasar pori-pori, keringat akan mengendap dan membeku. Hal ini yang akan menjadi terbentuknya jerawat padat.

2. Gangguan Hormonal

Jenis jerawat di punggung ini juga dapat disebabkan adanya gangguan pada hormon. Gangguan hormonal yang terjadi ini tidak mengenal jenis gender pria maupun wanita.

Karena pada dasarnya, jika hormon androgen yang diproduksi berlebihan akan mengakibatkan munculnya jerawat di punggung.

3. Kurangnya Kesadaran Menjaga Kebersihan

Cara tepat mencegah jerawat dan menghilangkan jerawat pada kulit, yaitu dengan cara membersihkan area jerawat tersebut. Apalagi membersihkan area badan yang sering diabaikan ketika mandi, yaitu pada bagian punggung.

Beberapa orang beranggapan bahwa, bagian punggung akan bersih dengan sendirinya dengan guyuran air. Padahal seharusnya punggung perlu digosok dengan gosokan ringan pada saat mandi.

Untuk apa ketika mandi kok perlu menggosok bagian punggung? Tentu hal ini sangat berguna mengangkat sel kulit mati, karena sel kulit mati muncul secara periodik.

Sel kulit mati yang tidak terangkat secara keseluruhan pada permukaan kulit, akan mengakibatkan sel kulit tersebut menempel atau menutupi bagian pori-pori. Tentunya pori-pori akan tersebumbat. Apabila penyumbatan pori-pori terjadi dalam waktu lama, maka dapat memungkinkan terjadinya jerawat di punggung Anda.

4. Bakteri Pada Kulit

Perlu anda pahami, bahwa bakteri sangat mudah berkembang pada bagian atau tempat yang lembab dan gelap. Pada bagian tubuh kita, ada banyak tempat yang seperti itu, salah satunya area badan di bagian punggung.

Kerapatan pada area punggung ini, membuat area ini tidak maksimal mengeluarkan suhu tubuh dengan sempurna. Sehingga dapat menyebabkan keringat yang berlebihan.

Baju yang terkena keringat akan basah, dan menyebabkan bakteri pada kulit sangat menikmati kondisi tersebut. Jika bakteri masuk ke dalam pori-pori dan nyaman pada area punggung tersebut, bakteri dapat berkembang biak diantara kelenjar sebasea. Perkembangbiakan bakteri ini dapat memicu timbulnya jerawat di punggung.

Faktor Lain Menjadi Penyebab Jerawat di Punggung

Jenis kulit pada manusia memiliki elastisitas yang berbeda-beda. Bisa jadi lebih tebal, sedang, ataupun tipis. Faktor jenis kulit ini yang sering kali menjadi pembahasan penyebab timbulnya jerawat di punggung.

Padahal kita tidak boleh menyalahkan pemberian dari Tuhan. Karena pada dasarnya kita terlahir dalam bentuk yang sempurna. Kita hanya di wajibkan bersyukur dan merawat apa yang Tuhan berikan.

Inti dari timbulnya jerawat di punggung ini adalah kurangnya kesadaran diri dalam menjaga kebersihan badan. Kebanyakan para pria sering meremehkan terkait kebersihan kulit, padahal pria lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

Maka dari itu, kita harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan badan secara keseluruhan. Terutama kebersihan pada area punggung yang tertutupi dan sulit dijangkau ini.

Jangan malas untuk menggunakan alat penggosok badan misalnya busa untuk mandi, agar seluruh sel kulit mati dapat terangkat dari permukaan kulit. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya jerawat di punggung dan pada bagian tubuh lainya.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!