Penyebab Jerawat Parah, Pengobatan dan Pencegahanya

Jenis jerawat parah merupakan masalah serius yang dialami oleh penderitanya, karena kondisi munculnya jerawat yang tidak biasa. Ada beberapa kategori jenis jerawat parah yang muncul pada kulit wajah seseorang, dan wajib Anda ketahui.

1. Jenis jerawat yang muncul dan berkelompok di dua bagian wajah atau lebih 

Jenis jerawat ini tidak muncul hanya pada bagian tertentu saja, namun jerawat ini muncul di berbagai tempat bagian wajah secara berkelompok. Kondisi ini termasuk dalam kategori jerawat parah.

Biasanya jenis jerawat parah ini, selain muncul pada waktu-waktu tertentu juga dapat terjadi selama lebih dalam satu tahun bahkan bisa lebih lama lagi. Sehingga penderita perlu mendapatkan perawatan yang tepat agar jerawat lebih cepat dihilangkan

2. Jenis jerawat yang muncul secara bersamaan pada satu periode dalam jumlah yang banyak

Pada waktu tertentu jerawat muncul ketika penderita mengalami alergi, atau sedang pada waktu penderita mengalami jerawat saat menstruasi (berlaku pada wanita). Biasanya jenis jerawat ini muncul hanya pada bagian wajah tertentu. Berikut ini bagian-bagian wajah yang sering mengalami kemunculan jerawat secara berkelompok:

  • Bagian hidung
  • Bagian dagu
  • Bagian dahi
  • Bagian pipi sebelah kiri maupun kanan

3. Jerawat yang muncul secara bergantian dalam waktu tertentu

Jenis jerawat ini sering kali menjadi keluhan bagi penderitanya. Karena kemunculanya yang sering bergantian, ketika satu jerawat yang muncul sudah ditangani dan sembuh, kemudian muncul jerawat baru di bagian wajah lain. Siklus munculnya jerawat ini akan terjadi terus menerus.

4. Jerawat yang selalu muncul hampir setiap hari

Jenis jerawat yang muncul hampir setiap hari ini termasuk kategori jerawat parah. Karena jika satu bagian jerawat sudah di tangani dengan baik dan sembuh, kemudian jerawat di bagian wajah lain muncul kembali serta waktu kemunculan jerawat ini sering terjadi terus-menerus.

5. Jerawat yang sifatnya menggumpal menjadi satu bagian

Jerawat yang dalam jumlah banyak menggumpal menjadi satu bagian pada satu tempat, sehingga munculnya iritasi pada kulit yang terkena jerawat. Memungkinkan jenis jerawat ini bernanah, sehingga bisa dikatakan jenis jerawat ini menjadi penyebab jerawat bernanah.

Penyebab Jenis Jerawat Parah yang Umum Terjadi

Siapa saja dapat terkena jenis jerawat parah. Namun, meskipun demikian ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang dapat mengalami jerawat parah yang kurang begitu wajar. Apa saja yang menjadi penyebab jenis jerawat parah? Berikut ini beberapa ulasan jerawat parah yang umum terjadi pada seseorang:

Mengidap Penyakit Alergi Kulit Atau Jenis Kulit Sensitif

Jerawat bisa dialami seseorang karena jenis kulit yang sensitif, misalnya alergi terhadap suatu hal. Beberapa orang memiliki kulit yang tidak cocok dengan sabun, kosmetik, debu atau faktor lingkungan lainya. Kondisi ini memberikan pengaruh terhadap kulit wajah, salah satu diantaranya kemunculan jenis jerawat parah ini.

Adapun beberapa orang yang mengalami jerawat parah yand sebabkan alergi kulit. Namun penderita alergi kulit ini, tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit alergi kulit.

Jerawat Karena Faktor Keturunan

Jerawat juga dapat muncul berdasarkan garis keturunan, yang diturunkan dari keluarga. Biasanya bagi yang memiliki garis keturunan jerawat parah dalam jangka panjang, maka keturunanya juga dapat mengalami hal yang sama.

Jerawat yang muncul berdasarkan keturunan ini, karena faktor bawaan yang sudah ada pada gen setiap individu. Sehingga bisa dikatakan faktor munculnya jerawat parah salah satunya berdasarkan gen yang diturunkan dari keluarga.

Hormon dalam tubuh tidak seimbang

Faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat parah yaitu karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kondisi ini yang mempengaruhi kekebalan tubuh seseorang, yang menyebabkan munculnya ciri-ciri jerawat hormonal.

Lingkungan atau Polusi Udara

Lingkungan bersih akan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh. Namun ada juga kondisi lingkungan yang berpolusi, tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

Polusi udara membawa banyak sekali zat kimia, kuman atau bakteri dalam jumlah banyak sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dalam bentuk jerawat yang parah.

Hemofilia

Bagi penderita jerawat yang termasuk dalam kategori jerawat parah disertai tanda iritasi pada kulit, luka dan juga kemunculan nanah pada jerawat. Mungkin saja ini menjadi pertanda bahwa penderita jerawat mengidap hemophilia.

Pengidap hemophilia mengalami pembekuan darah sehingga menyebabkan pendarahan di kulit disertai dengan nanah pada bagian kulit wajah yang terluka akibat jerawat parah.

Pencegahan dan Pengobatan Jenis Jerawat Parah

Menangani jenis jerawat yang sifatnya sudah terlanjur parah ini, dapat diatasi dengan beberapa hal yang dapat anda lakukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dirumah untuk mengatasi jerawat yang terlanjur parah:

1. Atasi menggunakan obat herbal

Untuk penanganan pertama dapat dilakukan dengan menggunakan obat herbal yang mudah didapatkan. Berikut ini bahan herbal yang dapat Anda gunakan:

  • Bawang putih
  • Madu
  • Minyak zaitun
  • Perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

2. Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif menjadi salah satu solusi bagi Anda yang memiliki dana lebih. Anda dapat melakukan pengobatan alternatif seperti terapi akapuntur, bekam, dan pijat saraf.

3. Berkonsultasi Kepada Dokter Kulit

Bagi Anda yang tidak percaya dengan pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter ahli kulit. Dengan berkonsultasi kepada dokter ahli, tentu akan lebih spesifik analisanya. Dari jenis kulit, solusi perawatan dan konsultasi konsumsi makanan dan minuman untuk membersi nutrisi kulit.

Namun untuk konsultasi dan pengobatan ke dokter cukup menguras biaya. Jadi Anda harus menyiapkan dana lebih untuk perawatan kulit Anda.

5. Rajin Melakukan rituan perawatan kulit dengan sabun khusus

Ritual khusus ini untuk perawatan kulit, dan merupakan keharusan bagi Anda yang memiliki jenis jerawat parah. Dari mulai membiasakan diri untuk membersihkan wajah menggunakan sabun khusus pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kemudian diikuti dengan membentuk kebiasaan hidup sehat. Misalnya,

  • Menghindari kebiasaan konsumsi rokok dan alcohol
  • Memperhatikan kebersihan lingkungan (bantal/selimut/masker hidung dll yang biasanya berinteraksi dengan wajah secara langsung) dan membiasakan diri menjaga kebersihan wajah.
  • Memberikan asupan vitamin dan mineral pada tubuh, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan kulit
  • Sering berolahraga untuk mengeluarkan racun dari tubuh
  • Gunakan masker pelindung ketika harus melakukan kegiatan diluar rumah yang diharuskan berhadapan dengan polusi dan juga allergen.
Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!