10 Perlengkapan Bersepeda untuk Pemula

Diposting pada

Kita semua tahu bahwa virus covid-19 belum pergi. Artinya menerapkan gaya hidup sehat itu tetap kudu kita lakukan. Olahraga juga penting, yang paling gampang adalah bersepeda. Selain bersepeda olahraga yang paling mudah yaitu dengan berjalan kaki.

Baca juga Pentinngnya Berjalan Kaki

Postingan kali ini saya bakalan bahas tentang perlengkapan bersepeda. Setidaknya ada beberapa perlengkapan bersepeda yang wajib dimiliki pemula. Perlengkapan-perlengkapan ini dibagi dalam mandatory dan secondary. Mari kita bahas satu persatu.

Perlengkapan Bersepeda Mandatory

Dikatakan perlengkapan mandatory karena ini fungsinya penting untuk dimiliki oleh orang yang akan memulai bersepeda. Perlengkapan yang masuk ke dalam bagian mandatory adalah sebagai berikut:

Helm

Kustom Bersepeda Helm Di Cetakan Helm Sepeda,Helm Sepeda Untuk Grosir - Buy  Sepeda Matt Hijau Helm Sepeda Helm Untuk Grosir,Dalam Cetakan Helm Sepeda  Product on Alibaba.com

Ingat nggak dulu kalau jaman sekolah, pesan mamah kalau berkendara sebaiknya menggunakan helm? Begitu pula saat kita bersepeda.

Helm ini perlengkapan bersepeda yang wajib dimiliki. Apalagi kalau kita bersepeda di daerah yang ramai, biasanya yang berada di kota nih. Dengan menggunakan helm, maka kita dapat terlindung apabila sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi, sehingga kepala kita terhindar dari benturan.

Kacamata

Qoo10 - Kacamata Bersepeda Profesional Terpolarisasi Kacamata Sepeda  Kacamata ... : Pakaian

Helm sepeda tidak dilengkapi dengan kacamata, maka kita sebaiknya menggunakan kaca pelindung agar terhindar dari polusi dan debu yang berakibat tidak baik pada kesehatan mata.

Saat bersepeda kita tak dapat terhindar dari debu, apalagi kecepatan yang kita pakai dalam level sedang, sehingga penggunaan kacamata menjadi penting dimiliki.

Lampu Sepeda

Reelight SL100 Flash Compact Set – SpinWarriors

Lampu ini bertujuan buat kemananan, sehingga masuk ke bagian perlengkapan bersepeda mandatory. Kenapa kita perlu lampu sepeda? Supaya lebih visible ketika berada di jalan raya apalagi pada pagi hari. 

Untuk lampu yang mengarah ke belakang biasanya memiliki cahaya berwarna merah dan dipasang pada seat post.

Namun sesuaikan dengan kondisi sepeda, karena ada beberapa sepeda yang tidak memungkinkan untuk dipasang di seat post karena terhalang oleh saddle bag. Jadi dipasang di bawah saja.

Lampu belakang ini bisa diatur kedipnya, dan banyak juga jenisnya, ada yang menggunakan baterai ataupun dapat dicharge menggunakan USB.

Cycling Pant

Celana Sepeda BIB Santic - Santic BIB Cycling Pant QM9CO5101 di Lapak  toko883 | Bukalapak

Sebaiknya gunakan cycling pant dengan fitting dan padding yang pas. Jok road bike yang biasanya keras bisa sedikit di redam dengan menggunakan padding.

Hati-hati ketika membeli cycling pant via online. Karena terkadang ada jenis cycling pant yang agak sedikit menusuk ke pantat bagian dalam, sehingga menyiksa kita saat perjalanan agak jauh. Usahakan cari cycling pants yang soft dan agak sempit, supaya nyaman digunakan bersepeda.

Secondary Items

Untuk yang mandatory cukup di nomor 1-4 di atas, tapi masih ada beberapa perlengkapan bersepeda yang lainnya untuk membuat pengalaman bersepeda lebih aman dan nyaman lagi, di bawah ini:

Cases atau Tempat Penyimpanan

Sepeda Tas Bersepeda Sepeda Tabung Stang PU EVA Sel Tas Ponsel Case  Pemegang MTB Menyentuh Tahan Air Scree Naik|Tas sepeda, & Pannier| -  AliExpress

Minimum yang harus dibawa adalah handphone dan uang seperlunya. Uang ini berguna untuk makan, minum, atau keperluan lain buat berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu pecah ban. 

Untuk itu kita butuh tempat penyimpanan. Bisa saja menaruh benda-benda tersebut di tas kecil ataupun di armband, tapi kalau bisa di masukan ke cases di sepeda akan lebih nyaman. Saran saya meding beli cases kecil yang cukup untuk membawa dompet, HP dan kunci rumah.

Bottle Cage

botle cage

Kita perlu membawa botol minum sendiri yang dapat disimpan di dalam ransel atau di bottle cage ketika bersepeda. Supaya kita tidak perlu berhenti di tempat sepi hanya buat minum atau beristirahat. Jadi kita bisa minum di mana saja. Karena kita perlu menjaga energi tubuh supaya tetap terhidrasi selama bersepeda.

Sarung Tangan

sarung tangan

Sarung tangan untuk bersepeda umumnya seperti half glove atau yang biasa digunakan oleh pengendara motor. Menggunakan sarung tangan bertujuan untuk memindahkan gigi lebih mudah.

Hindari menggunakan sarung tangan full, karena hanya akan membuat bagian ujung sering terjepit shifter. Sarung tangan pesepeda juga umumnya mempunya bantalan yang berguna untuk menambahkan kenyamanan bersepeda.

Tracking Equipment

perlengkapan bersepeda

Tracking equipment sebenarnya bisa juga menggunakan smartphone. Karena smartphone masa kini dapat langsung mendeteksi tracking perjalanan saat bersepeda, sehingga ketika sampai di rumah kita bisa melihat seberapa efektif perjalanan kita sebagai evaluasi untuk riding berikutnya.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang umum digunakan pesepeda, seperti: strava, relieve, endomondo, runtastic. Saya sendiri menggunakan garmin dengan tambahan speed dan cadence sensor.

Sepatu dan pedal khusus untuk bersepeda (clip-in/clipless)  

Tips : Memilih Sepatu Sepeda Road Bike – portalsepeda

Buat orang yang tertarik untuk naik turun road bike, dan merasa masih takut untuk memutuskan menggunakan sepatu khusus. Sebaiknya gunakan sepatu dan pedal khusus yang efektif membantu meningkatkan performance karena efisiensi tenaga, bukan saja tenaga genjotan turun yang diambil, namun juga saat posisi kaki naik.

Walaupun penggunaan sepatu ini dapat meningkatkan performance bersepeda, tapi hati-hati ada bahaya yang harus kita pelajari buat berjaga-jaga serta untuk pengembangan masa yang akan datang.

Pompa

Sepeda Mini Pump 120 Psi Tekanan Tinggi Sepeda Ban Pompa Inflator Nilon  Ultralight Bersepeda Pompa Udara Aksesoris Sepeda|Bicycle Pumps| -  AliExpress
Pompa Sepeda

Untuk poin terakhir sebenarnya saya ingin menuliskan jas hujan. Karena sekarang sedang musim penghujan. Namun jas hujan tidak penting-penting amat ketika bukan musim hujan nantinya. Maka di poin ini saya tuliskan pompa saja. Ini hanya sebagai perlengkapan yang patut dimiliki. Karena ketika ban sepeda kita kempes, akan lebih mudah mengisi anginnya ketika kita memiliki pompa sendiri.

Demikian beberpaa perlengkapan bersepeda yang wajib dimiliki. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan, salah satunya dapat dilakukan dengan cara bersepeda. Karena bersepeda juga cocok untuk orang yang sedang melakukan diet, agar dapat cepat menurunkan berat badan.

Baca juga Manfaat Bersepeda untuk Diet

16 thoughts on “10 Perlengkapan Bersepeda untuk Pemula

  1. Perlengkapan sepeda memang penting dipunya ya kak, biar pas mau gowes kita ngendarain nya juga safety.
    Yang paling penting sebelum dipakai,cek semua ban nya kempes atau gak.
    Semoga nanti punya perlengkapan kayak gitu juga,soalnya dari dulu tuh pengen banget beli helm sepeda.

  2. Semua perlengkapannya memang sudah semestinya dipakai sama pesepeda ya, kak. Terutama helm. Sayangnya masih banyak yang menganggap remeh. Mungkin nanti akan ada peraturan khusus juga buat pesepeda biar pas naik sepeda terutama di jalan raya, menggunakan perlengkapan safety

  3. saya biasanya kalo sepedaan gak pernah lengkap begini haha, padahal harus ya biar tetap aman dan nyaman. kadang harganya juga lumayan sih, jadinya harus nabung dulu buat beli perlengkapan sepeda hihi.

  4. Saya sering lihat orang sepedaan malam hari dan pake helm sepeda yang ada lampunya gitu. Nah saya pernah papasan sama mereka arah beralawanan ya ampun itu lampu helnya silau men.. kayk lampu putih yang menyilaukan gitu deh ..duh hampir aja saya ga bisa lihat saking silaunya.. apa lampu helm sepeda seperti itu standarnya ya ?

  5. Baru tahu kalau perlengkapan untuk naik sepeda sebanyak itu ya. Duh, kebayang waktu teman aku naik sepeda dari Batam ke Tioman island sendirian. Selain bawa perlengkapan itu, dia juga bawa tas ransel dan tenda… Sampai sekarang masih belum bisa membayangkan

  6. Lengkap sudah. Berangkaaat. Hahaha

    Saya berencana ikutan club sepeda, tapi mesti nunggu anak-anak bisa diandalkan di rumah sama utinya. Sekarang bekum pada bisa euy. Kangen bersepeda.

  7. Kalo jalurnya pegunungan dan alam bebas sebaiknya memang melengkapinya dengan peralatan sepeda yg lebih lengkap dan perlengkapan pelindung diri juga harus lengkap. misalnya pelindung dengkul dan siku, selain helm dan sarung tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *