Pilihan Terbaik Tempat Wisata di Bogor

Sebuah kota yang memiliki intensitas hujan yang tinggi, tentu kota ini lebih sejuk dan cocok bagi Anda yang ingin merefresh pikiran dari padatnya kegiatan. Kota bogor masih berada di kawasan provinsi Jawa Barat yang merupakan bagian dari kota megapolitan JABODETABEK.

Meskipun Bogor berada di daerah pinggiran kota, wilayahnya masuk ke dalam kategori kota tersebesar ke tiga di Indonesia dan tentunya memiliki banyak tempat wisata yang menarik minat wisatawan.

Sama halnya dengan tempat wisata puncak Bogor, kawasan ini juga sering kali menjadi destinasi wisata di akhir pekan maupu libur panjang oleh warga Jakarta. Jarak kotanya dari jakarta pun bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang lebih 2,5 jam saja. Dalam perjalanan menuju kota Bogor pun, wisatawan akan disuguhkan keindahan alam yang menakjubkan.

Kebun raya Bogor adalah salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanengara. Area wisata kebun raya bogor berada di perbatasan dengan istana bogor yang memiliki ribun tanaman dari seluruh penjuru dunia dan terawat dengan baik. Tumbuhan tersebut diantaranya ada bunga Raflesia Arnoldii.

Setelah wisatawan melihat keindahan tumbuhan di kebun raya Bogor, wisatawan juga dapat menghabiskan waktunya untuk melihat kebudayaan, sejarah kota Bogor, serta fauna. Aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan di seluruh area wisata ini adalah dapat memberikan makanan rusa-rusa yang telah disediakan di halaman istana Presiden. Wisatawan dilarang memberikan makanan yang dapat membahayakan rusa-rusa tersebut.

Rata-rata kota Bandung menjadi pilihan wisata favorit bagi sebagian besar masyarakat Jakarta untuk dapat menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan maupun libur panjang. Meskipun begitu, tidak hanya kota Bandung saja yang memiliki segudang daya tarik wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat Jakarta.

Kini Bogor juga menjadi salah satu pilihan atau daftar kunjungan yang wajib dikunjungi. Selain lokasinya yang tidak jauh dari ibukota Jakarta, Bogot ternyata memiliki ragam tempat wisata menarik yang sangat wajib untuk dikungi bersama keluarga tercinta. Selain kawasan wisata di puncak bogor masih ada berbagai macam tawaran tempat wisata di Bogor lainya yang harus Anda masukkan ke daftar kunjungan wisata Anda. Penasaran dimana saja tempat wisata menarik di Bogor? Mari simak ulasan lengkap pilihan terbaik tempat wisata di Bogor berikut ini.

1. Istana Bogor

Istana Kepresidenan Bogor menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang paling banyak diminati oleh masyarakat Bogor dan juga para wisatawan dari luar daerah di akhir pekan maupun liburan panjang.

Meskipun para pengunjung tidak dapat memasuki area dalam istana negara tersebut tanpa izin dari kepala rumah tangga kepresidenan atau sekretaris negara, para wisatawan yang berkunjung masih dapat menikmati pemandangan di sekeliling istana.

Bangunan istana kepresidenan Bogor ini beralamat di Jalan Ir. H. Juanda memiliki ragam koleksi bersejarah dan tentunya antik tersimpan rapi didalamnya. Karya-karya barang antik berupa lukisan ternama seperti Makowski, Basuki Abdullah, serta Ernest Dezentje terpampang rapi di dinding istana Bogor. Kemudian ada juga desain keramik yang artistik yang menghiasi istala Bogor berasal dari perdana menteri rusia khrushchev menjadi hiasan keramik yang paling prestisius.

Lokasi wisata Istana Bogor ini tidak jauh dari Stasiun Besar Bogor, kurang lebih jarak lokasi wisata dengan stasiun hanya 500 meter. Sehingga Anda bisa menuju lokasi dari stasiun ke area wisata istana dengan berjalan kaki. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di area wisata instana Bogor yaitu memberikan makan rusa hingga petang sembari bersantai. Warga bogor sendiri, rata-rata lebih memilih untuk beraktivitas olah raga mengelilingi area wisata tersebut, maupun bersantai bersama keluarga.

2. Kebun Raya Bogor

Masih di area wisata instana kepresidenan, Anda dapat juga mengunjungi tempat wisata kebun raya bogor. Tempat wisata di Bogor ini menjadi pilhan kedua masyarakat bogor dan wisatawan.

Di kebun raya Bogor memberikan pemandangan koleksi flora yang terawat di dalamnya, termasuk Griya Anggerk yang berisi koleksi berbagai jenis tanaman anggrek. Bahkan Anda juga dapat menikmati keindahan flora asal sumatera yang paling besar, yaitu bunga raflesia arnoldi.

Banyak sekali titik area wisata yang menarik di kebun raya bogor ini, misalnya saja Anda dapat melihat secara langsung makam peninggalan sejarah belanda dan taman astrid yang sangat elok. Biaya masuk ke area wisata kebun raya Bogor pun cukup murah, untuk wisatawatan domestik dikenakan biaya tiket masuk kurang lebih 15 ribu per orang, sedangkan untuk para wisatawan mancanegara dikenakan biaya tiket masuk 25 ribu per orang. Dengan harga tiket masuk yang murah tersebut, Anda sudah dapat menjejahi seluruh kebun raya bogor yang jam operasionalnya mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dan berlaku setiap hari.

3. Curug Cibaliung

Selanjutnya tempat wisata di Bogor yang akan menyejukkan tubuh Anda, yaitu curug cibaliung. Lokasi tempat wisata ini ada di kampung wadung desa karang tengah kec. babakan, Kota Bogor.

Ada dapat menuju lokasi wisata melalui jalan tol jagorawi dan keluar di pintu tol sentul city. Lanjut perjalanan melalui rute utama menuju ke arah jungle land. Sebelum gerbang utama wisata jungle land, Anda pilih jalan arah ke kakan menuju daerah perkampungan dan ambil rute lagi ke arah leuwi hejo.

Biaya masuk kearea wisata tersebut hanya sebesar 10 ribu rupiah per orang. Anda sudah dapat menikmati sejuk dan jernihnya air terjun. Tentu dinginya udara daerah bogor sudah terkenal mak nyus, serta pemandangan alam di seluruh area wisata sekitar curug hijau asri. Operasional tempat wisata curug mulai buka pada pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB berlaku setiap hari dan akhir pekan maupun libur panjang.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!