Pilihan Terbaik Tempat Wisata di Bandung

Bandung merupakan sebuah kota besar di Indonesia sekaligus menjadi ibukota di Provinsi Jawa barat, penduduk kota bandung sendiri mayoritas beretnis Sunda.

Kota bandung menawarkan ragam tempat wisata yang bisa Anda nikmati, baik itu tempat wisata di pusat kota Bandung maupun area pegununganya. Cuaca di kota Bandung relatif lebih dingin dan sejuk berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, hal ini dikarenakan kota Bandung dipengaruhi iklim pegunungan yang lebih lembap.

Dari awal diresmikanya Jalan Tol Cipularang, kota Bandung merupakan salah satu kota terfavorit bagi masyarakat Indonesia untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan maupun liburan panjang.

Tak heran apabila kota Bandung saat ini berkembang dan memiliki ragam fasilitas dan tempat wisata yang akan membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di kota Bandung.

Adapun tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Mal Paris Van Java yang menjadi icon tempat wisata di Bandung sebagai wisata edukasi. Kemudian ada juga pasir kaliki yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang terdiri dari kuliner lokal hingga kuliner nasional. Ada juga kawasan wisata Dago dengan dereta factory outletnya yang sudah populer di kalangan wisatawan.

Kota Bandung dan wilayah kabupatenya memiliki kekayaan tempat wisata yang tentunya akan memberikan perjalanan wisata yang berkesan bagi para wisatawan. Perlu Anda ketahui bahwa untuk berkeliling di kota Bandung, sangat mustahil untuk melakukan perjalanan dalam waktu yang singkat. Nah, daripada penasaran nih, mari kita ulas bersama tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi bersama orang-orang tercinta ketika berada di Kota Bandung.

1. Gedung Sate

Gedung sate salah satu tempat wisata di Bandung, dan telah menjadi ikon dari kota Bandung Sendiri. Letak gedung sate ini bersebelahan dengan lapangan yang paling terkenal di Bandung. Gedung sate ini difungsikan sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, dan memiliki ciri khas arsitektur pada atapnya yang berbentuk tusuk sate. Karena ciri khas itulah, gedung ini lebih dikenal sebagai Gedung Sate.

Wilayah sekitar Gedung Sate serta lapangan Gasibu biasanya sangat dipenuhi oleh penduduk serta pedagang yang berkunjung diakhir pekan. Benar, tidak sembarangan orang dapat memiliki akses masuk ke dalam Gedung Sate. Adapun halaman gedung sate hanya dibuka untuk acara-acara penting. Meskipun begitu, kita dapat mengambil foto dengan latar belakang Gedung Sate untuk dijadikan kenang-kenagan saat berkunjung di kota Bandung.

2. Museum Geologi

Museum geologi di kota Bandung terletak di Jalan Diponegoro Nomer 57, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Dari tahun 1928 berdiri hingga saat ini museum geologi masih tetap terawat dan menjadi salah satu tempat wisata terfavorit juga. Lokasi Museum Geologi ini pun berdekatan dengan lokasi Gedung Sate, dan Anda tidak perlu khawatir soal angkutan umum. Karena angkutan umum di Bandung melewati tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan angkutan umum angkot dari jurusan Cicaheum – Ledeng.

Di dalam museum Geologi Bandung, Anda dapat melihat beragam koleksi pilihan terdiri dari mineral, bebatuan, serta replika fosil manusian dan hewan purbakala. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melihat diorama serta animasi yang memberikan gambaran serta ilustrasi mengenai pembentukan bumi, bencana alam, sumber daya alam serta cara pengolahan energi secara alami.

Bagi Anda yang ingin masuk ke Museum Geologi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 /orang. Kemudian untuk jam operasional museum geologi ini cukup terbatas kurang lebih dimulai dari 09.00 WIB hingga 15.30 WIB yang dibuka setiap hari Senin s/d Jum’at, dan setiap hari Sabtu & Minggu.

3. Taman Lansia

Lokasi tempat wisata taman lansia ini berada di dekat wilayah Gedung Sate, dan merupakan tempat yang ramai pengunjung diakhir pekan. Hampir disetiap sudut taman terdapat banyak pedagang yang menjual makanan khas kota Bandung. Anda juga dapat masuk di area taman sambil berkeliling santai menikmati pemandangan serta udara sejuk, karena diseluruh area taman terdapat banyak pohon hijau yang tumbuh dan terawat.

Sebenarnya taman ini dikhususkan bagi para penduduk kota Bandung yang lanjut usia. Meskipun begitu bukan berarti hanya penduduk atau wisatawan lansia saja yang boleh mengunjungi tempat wisata menarik ini. Banyak juga remaja dan keluarganya menikmati jalan santai mengelilingi taman untuk melihat keindahan taman. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini Anda dapat mengunjunginya di Jalan Cisangkuy dan tempat wisata ini bebas dikunjungi kapanpun tanpa adanya biaya tiket atau biaya masuk kecuali parkir.

4. Bandros

Bandros atau Bandung Tour on Bus merupakan salah satu fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan untuk berkeliling kota Bandung. Bandros memiliki jalur pemberhentian pusat di Jalan Aceh, kota Bandung. Apakah Anda sudah mengetahui Bandros sebelumnya? Bandros merupakan salah satu fasilitas wisatawan berbentuk bus terbuka yang akan mempermudah Anda mengakses tempat wisata dengan berkeliling Kota Bandung.

Bandros berangkat dari taman sejarah di Jalan Aceh serta pemberangkatan sesuai dengan jumlah armada yang tersedia, jadi perjalanan ramai-ramai seperti konvoi. Ketika Anda menaiki bus, Anda akan mendapatkan informasi menarik dan dilokasi wisata Bandung selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Biaya sekali perjalanan menggunakan bandros, Anda membutuhkan biaya tiket sebesar Rp. 25.000 /orang. Namun karena semakin tinggilan permintaan para wisatawan untuk menggunakan bandros, sangat disarankan Anda berangkat lebih awal dilokasi pemberangkatan untuk mengantri tiket. Anda juga dapat memesan tiket terlebih dahulu melalui nomor telepon yang telah disediakan, di nomor 0227213805. Bandros memiliki jadwal operasional setiap hari kerja dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB kemudian pada pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB pada akhir pekan atau hari libur.

 

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!