Pilihan Terbaik Tempat Wisata di Magelang

Tempat wisata paling populer di Kota Magelang yaitu Candi Borobudur. Tempat wisata di Magelang ini sudah dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bagi Anda yang belum mengetahui tempat wisata menarik di magelang, kami akan memberikan ulasan pilihan tempat wisata di Magelang.

Candi borobudur merupakan kekayaan sejarah Indonesia, sebuah candi budha terbesar yang ada di Indonesia bahkan tak terbantahkan juga candi ini paling besar dan termegah di dunia. Tak heran jika candi borobudur ini menjadi warisan sejarah yang mendapatkan pengakuan penuh dari UNESCO.

Pada abad ke 14 Masehi, menurut bukti sejarah yang ada. Candi borobudur ditemukan oleh sejawaran bersana Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Candi borobudur memiliki arsitektur candi dengan 504 arca budha dan areanya dikelilingi oleh 72 stupa berlubang yang terdapat sebuah arca budha yang sedang duduk ditengah dalam keadaan bersila. Borobudur sangat cocok bagi Anda dan keluarga untuk menikmati keindahan keajaiban dunia.

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata candi borobudur tidak perlu kebingungan untuk mencari jalan ke area wisata tersebut. Karena akses menuju lokasi wisata sangat mudah bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Anda bisa menaiki bus jurusan Magelang – Borobudur dari terminal Kota Magelang.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah lagi. Karena Anda hanya perlu melakukan perjalanan ke jalan Jogja – Magelang, kemudian Anda akan menemukan petunjuk jalan ke area tempat wisata candi borobudur.

Untuk harga tiket masuk sendiri terbilang cukup murah, hanya dengan biaya tiket Rp 30.000 (dewasa) dan Rp 12.500 (anak usia dibawah lima tahun). Anda sudah dapat menikmati keindahan tempat wisata candi borobudur di Magelang bersama keluarga. Area wisata candi borobudur dibuka pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 pada jam kerja maupun akhir pekan.

Golden Sunrise Di Punthuk Setumbu

Setelah melakukan perjalanan ke tempat wisata candi borobudur, tidak ada salahnya juga mampir ke tempat wisata di Magelang lainya. Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Puthuk Setumbi, sebuah lokasi wisata bukit dengan ketinggial sekitar 400 mdpl cukup rasanya untuk menikmati keindahan sunrise bersama orang-orang tercinta Anda. Tempat wisata yang masih berada di dekat wilayah candi borobudur ini juga bisa dijadikan jadwal destinasi wisata Anda. Lokasi tempat wisata Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Kota Magelang.

Hamparan Negeri Di Atas Awan Gunung Andong

Masih di daerah Magelang, Ada sebuah tempat wisata menarik dan populer dikalangan para wisatawan pendaki gunung yaitu Gunung Andong. Ketinggian tempat wisata alam di Magelang ini kurang lebih 1726 mdpl, untuk ketinggian tersebut direkomendasikan untuk para pendaki gunung yang masih pemula dan ingin mencoba melatih diri untuk menjadi seorang pendaki gunung.

Perjalanan menuju lokasi wisata di puncak Gunung Andong pun tidak begitu lama, kurang lebih hanya membutuhkan waktu 2 hingga 4 jam perjalanan melalui jalan setapak.

Perencanaan pendakian gunung sebaiknya melalui ngablak. Berikut ini alamat basecamp para pendaki Gunung Andong apabila Anda berminat untuk mencoba fisik Anda mendaki Gunung Andong. Sebuah basecamp pendaki gunung bernama Taruna Jayagiri, tepatnya dirumahnya mbah Jono/Solikin, RT3 RW5, Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak, Kota Magelang.

Gemercik Air Jernih Di Curug Silawe Yang Eksotik

Bagi Anda yang ingin menikmati tempat wisata alam di Magelang, Ada pilihan tempat wisata alam populer kota Magelang yaitu Anda dapat mengunjungi Curug Silawe. Lokasi tempat wisata Curug ini terletak di kaki gunung Sumbing tepatnya di daerah Dusun Kopeng Kulon, Kecamatan Kajoran, Kota Magelang.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, Anda dapat melakukan perjalanan melewati Jalan Magelang Purworjo. Kemudian disepanjang jalan akan ada petunjuk jalan menuju kajoran serta curug silawe.

Tiket masuk area wisata tersebut bisa dibilang sangat murah sekali, hanya dengan biaya Rp 2000 kemudian parkir kendaraan Rp 1000 Anda sudah dapat menikmati keindahan alam wisata curug silawe.

Air Terjun Sekar Langit Dengan Suara Percikan Air yang Nyaring

Keindahan tempat wisata alam di Magelang yang bisa menjadi pilihan selanjutnya yaitu air terjun sekar langit. Tempat wisata alam ini terletak di kaki Gunung Andong, jadi bagi yang yang berkesempatan mendaki Gunung Andong sebaiknya sempatkan mampir dahulu di ar terjun sekar langit ini.

Adapun sebuah cerita legenda dari air terjun sekar langit ini, konon para bidadari langit pernah bebersih atau mandi di air terjun sekar langit ini pada eranya Jaka Tarub.

Selain dapat berfoto dengan background air terjun, Anda juga dapat melakukan aktivitas di air terjun dengan mandi untuk membersihkan tubuh atau sekedar istirahat.

Grojokan Kedung Kayang Yang Tersembunyi

Wisata alam di magelang selanjutny,  masih seputar keindahan air terjun tepatnya di grojokan kedung kayang. Lokasi tempat wisata alam ini terletak di bawah kaki Gunung Merapi.

Seperti sebutan nama dari air terjun ini, wisata alam grojokan kedung kayangan menyuguhkan wisata air terjun yang tak kalah dengan keindahan alam curug silawe.

Apabila Anda berminat untuk melakukan perjalanan wisata ke grojokan kedung kayangan, lokasinya terletak di perbatasan antara kota Magelang dan Kota Boyolali. Tepatnya di dusun Wonolelo, Kec Sawangan, Kota Magelang, tepat diperbatasanya dusun Klakah, Kec. Selo, Kota Boyolali.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Ingin merelaksasi tubuh Anda, tempat wisata pemandian air hangan candi umbul ini bisa Anda masukkan kedalam daftar perjalanan wisata Anda. Tempat wisata pemandian air hangat candi umbul merupakan sebuah tempat wisata keluarga paling populer di Magelang.

Lokasi tempat wisata pemandian air hangat ini terletak di kecamatan Grabang dan tidak jauh dari lokasi wisata air terjun sekar langit. Konon katanya pemandian air panas ini merupakan peninggalan dari sejarah purbakala dan dibangun pada masa kejayaan kerajaan Wangsa Saylendra.

Candi Selogrio Yang Mempesona

Tidak hanya candi borobudur saja yang menjadi tempat wisata populer di Magelang, ada sebuah candi yang dikenal dengan nama candi Selogrio. Sebuah candi yang memiliki arsitektur dengan ukuran mini, memiliki pemandangan arsitektur yang unik dan eksotik. Tentunya candi tempat wisata sejarah ini tidak kalah dengan tempat wisata di Magelang lainya.

Kawasan wisata candi seligrio terletak di dusun campur rejo, kec windusari, kota Magelang. Perjelanan untuk menuju lokasi tempat wisata ini termasuk tidak mudah, karena wisatawan harus masuk melalui jalur perjalanan yang sulit.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, perjalanan wisata menuju candi selogrio ini patut Anda coba. Meskipun rasa lelah setelah perjalanan, Anda akan mendapatkan kenangan yang tak terbayangkan karena melihat keindahan wisata alam yang mempesona.

Rumah Kamera Yang Unik

Hobi fotografi? tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi tersebut. Sebuah tempat wisata di Magelang tepatnya rumah kamera terletak di wilayah wisata candi borobudur. Rumah karena unik ini memiliki arsitektur berbentuk kamera DSLR. Meskipun namanya serta desain arsitekturnya berbentuk kamera, didalam rumah kamera tidak terdapat seni hasil jepretan kamera melainkan menyediakan ragam keindahan koleksi lukisan menarik.

Menantangnya Rafting Di Sungai Ello

Suka tantangan dan berolahraga, wisata alam satu ini bisa Anda coba juga. Tempat wisata alam di Magelang tepatna di sungan Ello, menyediakan tempat rafting. Tentu wisata satu ini sangat diminati bagi yang menyukai tantangan dan olahraga alam. Sungai ello memiliki tingkat kesulitan jelajah arum jeram tingkat II dan tingkat III. Perjalanan wisata rafting di sungai ello akan menemui kesulitan yang bisa dikatakan cukup lumayan, karena Anda akan diuji adrenalin dalam menghadapi derasnya aliran sungai ello dengan menempuh perjalanan kurang lebih 9Km.

Demikian ulasan pilihan tempat wisata di Magelang, semoga bisa menjadi daftar pilihan juga untuk Anda yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga di Magelang.

Volunteer your Time-Give in to Giving. Jika bermanfaat, harap share ke teman dan orang-orang tercinta disekitar Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Allah SWT Tidak Pernah Tidur!