Tips Membeli Sepeda Bekas

Diposting pada

Membeli sepeda bekas? Nggak masalah kok. Seperti yang kita semua tahu bersepeda selain baik untuk kesehatan, juga berguna untuk orang yang sedang diet. Sayangnya harga sepeda mungkin saja beragam, sehingga bikin kita galau untuk membeli baru. Maka pilihan yang paling ideal adalah mencari sepeda bekas asal masih baik kondisinya.

Jika kamu sedang atau akan membeli sepeda bekas, ikuti tips di bawah untuk mendapatkan yang sepeda dengan harga dan performa terbaik, dan aman untuk kita gunakan, serta yang paling penting harga bersahabat.

Btw, bulan ini kayaknya musim kawinan banget ya, karena banyak yang nikahan. Nah bisa nih kondangan naik sepeda. Jadi ingat tulisan kak Elvanasira, yuk baca juga postingannya tentang Tips Membangun Romantisme Setelah Menikah.

Beberapa pesepeda mengganti sepeda mereka lebih sering daripada kaus kaki mereka, membuat nilai jual sepeda bekas menjadi sangat menarik, dan itu adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan sepeda yang sesuai dengan kemauan kita dengan harga yang pas di kantong.

Namun ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, misalnya: di mana mencarinya, apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan deal yang bagus untuk sepeda bekas, dan lain sebagainya.

Tips Membeli Sepeda Bekas

sepeda bekas

Tentukan apa yang dicari

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menemukan sepeda bekas yang pas adalah dengan cara pahami, kenali dan tentukan apa yang kita inginkan dari sepeda dan berapa banyak uang yang sudah kita siapkan.

Dengan begitu kita bisa mulai melihat di toko atau penjual sepeda online untuk menyaring dan membatasi pilihan produk sepeda bekas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan itu diantaranya:

  • Tentukan dana, dan pertahankan.
  • Pastikan tujuan bersepeda dengan jenis sepeda. Karena semua jenis seeda memiliki kegunaan yang berbeda-beda.
  • Tentukan gaya sepeda atau sepeda yang dicari; ukuran frame (paling penting untuk membatasi pencarian), ukuran roda, travel suspensi, bahan rangka, dll.

Tidak ada patokan harga pasti untuk sepeda bekas, karena kebanyakan penjual sepeda bekas adalah perseorangan yang berbeda-beda alasan jualnya.

Cari dimana?

Pencarian awal yang paling mudah dilakukan adalah melalui toko sepeda online, atau melalui lapak-lapak yang ada di sosial media. Hal ini wajib dilakukan untuk mencari referensi harga dan spesifikasi sepeda yang cocok.

Pada saat menemukan sepeda di toko online, kadang ada orang yang memang pengin jual cepat, ada yang sedang butuh uang, ada yang ga tau harga, ada yang penipu juga jadi kudu hati-hati, jangan sampai yang terakhir ini yang kita dapatkan.

Selain via online, kita juga bisa pergi ke toko reguler agar lebih puas. Coba kita bahas satu persatu.

Toko sepeda online

Toko online brand resmi sepeda, biasanya tidak menjual sepeda bekas, jadi jangan harap kita menemukan sepeda bekas dari toko online resmi sepeda Polygon, United, Thrill dan lainnya.

Beberapa toko sepeda online besar juga jarang yang menjual sepeda bekas. Kebanyakan sepeda bekas yang dijual online, kita dapatkan dari penjual personal atau toko sepeda yang tidak begitu besar.

Kita bisa mencarinya di platform toko online C2C  atau e-commerce, yang memiliki penjual perorangan di dalamnya, seperti olx, tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya.

Kemudahan bisa didapatkan di beberapa platform toko online, yang menyediakan fitur khusus yang bisa memfilter sepeda bekas, rentang harga, rating/kepercayaan dari penjual, lokasi penjual, sangat menghemat waktu dan mudah dilakukan untuk dijadikan referensi awal kita.

Media social seperti facebook dan instagram juga bisa menjadi pilihan. Walaupun tidak memiliki fitur pencarian yang memudahkan seperti di platform lainnya, tetapi kita bisa langsung memposting di status, atau ke komunitas atau ke forum jual beli di media social.

Kelebihannya adalah, biasanya penjual yang biasanya menghubungi kita. Atau bisa memakai fitur facebook martketplace, untuk mencari berdasarkan kota dan pilihan kategori item.

Toko sepeda offline

Cari dan datangi toko-toko sepeda di sekitar tempat tinggal kita, namun untuk mencari informasi atau perbandingan harga saja. Hal ini berguna untuk melihat kondisi fisiknya secara langsung.

Memang bakal membutuhukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit kalau sampai mendatangi beberapa toko sepeda, apalagi langsung terbujuk untuk membeli.

Maka yang sebaikya kita lakukan adalah mengumpulkan informasi dari sumber-sumber di atas tentang merk, model/type, kondisi dan tahun pembuatan sepeda bekas itu.

Jangan terlalu membatasi hanya sepeda yang dijual di kota kita berada, informasi dari tempat lain bisa menjadi referensi kita juga tentang harga sepeda bekas itu. Atau kita ketemu dengan penjual yang baik dan komunikatif dan terpercaya, sehingga kita yakin untuk membeli tanpa melihat kondisi barang.

Sekarang juga banyak jasa kurir dan kargo yang cukup murah untuk mengirimkan sepeda.

Identifikasi penjual

Dari semua informasi di atas, sebaiknya jangan langsung memilah sepeda yang cocok yang mana, tetapi hal yang paling penting dalam membeli sepeda bekas adalah memastikan penjual yang terpercaya. banyak orang yang tertipu, karena terlalu nafsu atau bersemangat ketika melihat sepeda bekas bagus dengan harga murah, sehingga lupa memeriksa atau memperhatikan apakah penjualnya terpercaya atau tidak.

Pada platform jual-beli online, rating penjual bisa kita lihat langsung dengan jelas. Biasanya diberi angka berdasarkan jumlah item yang sudah dijual, atau bintang untuk kepuasan pelanggan, dan lainnya.

Lihat juga komunikasi penjual tentang diskusi barang, dan feedback dari para pembeli terhadap penjual. Pastinya penjual yang sudah menjual lebih dari ribuan item dan berbintang lima, lebih bisa dipercaya dari penjual baru yang belum pernah menjual dan bintang masih 0, tetapi nanti bisa dipastikan lagi.

Kita bisa memeriksa penjual, lewat nama, email atau nomor teleponnya lewat google. Seringkali kita bisa mendapat cerita, testimoni, atau informasi lainnya dari berbagai sumber tentang penjual.

Ada beberapa website dan forum yang memang sengaja memposting informasi tentang penjual yang pernah menipu, penjual yang bagus, penglamana dengan penjual tersebut. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengeceknya, tetapi sangat membantu.

Contoh pada akun IG di atas, salah satu ciri-ciri penjual sepeda yang wajib kita waspadai. Foto memiliki gambara sepeda dengan latar belakang yang berbeda-beda (kemungkinan comot dari foto orang lain), ada yang bertanya lokasi tidak dijawab, harga super murah, tidak merespon kalau ada yang bertanya bahkan untuk komen yang menagatakan penipuan, dan lainnya lagi.

Identifikasi Sepeda

Hapus sepeda dengan penjual yang memiliki reputasi buruk. Penjual dengan reputasi yang belum diketahui masih bisa disimpan, karena banyak penjual sepeda merupakan perorangan yang tidak menjual banyak barang sebelumnya, sehingga akun, rating, testimoni nya tidak ada.

Dari list yang ada, lanjutkan untuk menganlisa sepeda bekas tersebut.

  1. Analisa awal
    Dari merk, model dan type: kita bisa mencari tahu tentang spesifikasi dan testimoni, review tentang sepeda tersebut. Cukup cari dari website pembuat sepeda tersebut, katalog, majalah online atau sumber lainnya.
  2. Tanya penjual
    Tidak semua penjual memberikan informasi detail tentang sepeda bekas, ada yang hanya sekedarnya. Padahal untuk sepeda bekas kita membutuhkan banyak cerita tentang kondisi sepeda tersebut. Kita bisa berkomunikasi lewat chat aplikasi, telepon, sms, wa, email, bahkan video call, dan lainnya, yang harus sangat mudah dilakukan dengan teknologi sekarang ini.
  3. Dari komunikasi di atas, kita biasanya bisa mengetahui mana penjual yang baik dan mana yang tidak, atau yang menipu. Penjual bohongan, biasanya mengelak ketika ditanya, atau jawaban yang ga jelas, dan tidak bisa memberikan foto tambahan sesuai permintaan kita, karena dia sebenarnya tidak memiliki sepeda bekas itu, hanya memajang foto yang didapat ntah dari mana.
  4. Jika ada bagian sepeda yang rusak, bukan berati tidak layak beli, harga sepeda bekas dengan komponen rusak harusnya lebih murah lagi. Malah menjadi peluang bagus, karena kita bisa melakukan upgrade komponen yang rusak tersebut dengan komponen yang baru. Yang perlu diperhatikan adalah ketersediaaan komponen penggantinya, karena untuk sepeda yang cukup tua, kadang susah untuk mencari komponen penggantinya. dan kalau ada, cek dulu harga komponen/part penggantinya, agar tidak tekor nantinya.

Tentukan Pilihan

Pada tahap ini, harusnya kita sudah mempersempit pencarian, atau bahkan sudah menentukan pilihan dengan mempertimbangkan harga dan kondisi sepeda bekas yang kita cari.

Hal yang paling penting sebenarnya adalah memeriksa kondisi sepeda secara langsung, kecuali memang kita sudah puas, yakin, dan percaya berdasarkan komunikasi dengan penjual.

Untuk yang membeli online, harus dengan pertimbangan yang lebih matang lagi, apalagi jika sepedanya harus dikirim. Walaupun penjual memberikan garansi pribadi, harga ongkos kirim balik biasnaya ditanggung oleh pembeli.

Sangat repot harus mengirim sepeda balik ke penjual, menunggu refund, atau mengunggu sepeda diperbaiki, atau yang lainnya.
Untuk penjual yang lokasinya tidak jauh, sebaiknya kita lihat langsung kondisi sepeda sebelum melakukan deal atau sepakat untuk membeli.

Tidak hanya untuk kondisi sepeda bekas, tetapi juga untuk melihat si penjual. Penjual yang berbohong sudah pasti tidak akan mau untuk ditemui langsung.

Bawa teman ketika janjian untuk ketemu, jika ada yang mengerti tentnag sepeda akan lebih baik. Ada beberapa cerita tidak enak juga ketika ketemuan dengan penjual penipu, jadi usahakan selalu membawa teman.

Dan jika perlu, bawa beberapa kunci atau peralatan untuk memeriksa, dan senter.

Baca juga Jadwal Bersepeda yang Baik

Memeriksa sepeda bekas

Sepeda bekas yang dijual biasanya di make up agar tampilannya menarik, jadi kita harus memastikan sepeda bekas itu juga berfungsi dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperiksa pada sepeda bekas adalah:

  • Rangka sepeda: balikkan sepeda (roda ke atas), lihat bagian-bagian yang mungkin ada lecet, retak, begkok, patah, atau karat. Pada frame carbon, adanya retakan adalah tanda harus mengganti frame sepeda.Retak pada frame sepeda
  • Roda sepeda: Kondisi velg yang mungkin banyak lecet akibat rem, karatan, bisa kita periksa juga. Putar roda untuk melihat kelurusan roda, dan kondisi jari-jari sepeda.
  • Ban sepeda: Dari spesifikasi sepeda, kita bisa tahu apakah ban sudah pernah diganti, mungkin dengan yang lebih mahal, atau dengan yang lebih murah. Kondis ban yang tipis juga menunjukkan sepeda sudah banyak dipakai.
  • Stang/handlebars dan headset: Harga bearing sepeda mungkin tidak terlalu mahal, tetapi bisa menjadi acuan untuk sepeda yang terawat atau tidak. Cara memeriksanya dengan menekan rem depan dan belakang, lalu goyang stang sepeda ke kiri-kanan dan depan-belakang, jika ada bunyi seperti benturan, artinya sepeda memerlukan perbaikan.
  • Drivetrain: Penggerak sepeda bisa menjadi komponen yang mahal. Periksa mulai dari rantai sepeda, posisikan rantai sepeda pada chanring (depan) dan sprocket/cog (belakang terbesar). harusnya tidak ada banyak gap yang kita temui pada rantai yang masih bagus. Lihat gigi-gigi dari gear depan dan belakang, lalu coba pindahkan gear depan dan belakang, pastikan semuanya berpindah dengan baik.
  • Bottom bracket (BB): Salah satu komponen yang cukup mahal dan susah adalah bottom brakcet. Seperti yang kita tahu, bottom bracket ada di posisi paling bawah frame sepeda, sering terhantam batu atau tersandung ketika sepeda dipakai. Goyangkan crank sepeda ke kiri dan kanan, jika ada pergerakan yang berlebihan sampai berbunyi, bottom bracket perlu diperbaiki atau diganti.
  • Rem : Ketika memeriksa rem sepeda, tidak cukup hanya dengan memeriksa dari tuas rem. Tetapi periksa langsung pada caliper rem atau penjepit kanvas rem. rem yang bagus, ketika kalipernya ditekan lalu dilepas, akan kembali ke posisi awal tanpa banyak hambatan.
  • Seat post: Seat post adalah tiang di bawah tempat duduk/saddle sepeda. seat post mungkin salah satu bagian sepeda yang jarang diutak-atik. tetapi dengan memeriksa seat post, kita bisa memeriksa bagian dalam sepeda yang tidak terlihat. Buka seat post, dan tarik ke posisi tertingginya. Bagian dalam yang kotor, bisa menandaan sepeda pernah tercebur atau kemasukan kotoran, aair dan lainnya. Seat post yang macet karena ada bagian yang bengkok atau melengkung, juga bisa menjadi tanda sepeda pernah terbentur keras karena tertabrak sesuatu.
  • Bagian lainnya: Tidak semua bagian sepeda bekas dapat menjadi masalah. Saddle/dudukan yang kotor atau lecet, sticker yang hilang, lecet pada kabel rem atau shifter bukan menjadi masalah besar yang mempengaruhi performa sepeda tersebut.

Coba dan pakai sepedanya

Tentu saja performa sepedalah yang kita perlukan. Dengan mencoba sepeda beberapa putaran, bawa ke tempat menanjak dan menurun, ke jalan yang tidak rata atau offroad, kita bisa mengetahui kondisi sepeda yang sebenarnya. Yang paling penting adalah, kita nyaman memakainya.

Walaupun kondisi sepeda bagus, kita bisa saja tidak nyaman karena ukuran, posisi, atau bentuk rangka sepedanya. Coba atur beberapa posisi pada sepeda sampai mencapai kondisi yang paling nayman untuk kita.

DEAL

Setelah mencoba sepeda, jika kita merasa tidak nyaman, sebaiknya batalkan niat untuk membeli, sepeda yang tidak nyaman tidak akan pernah membuat kita bersemangat untuk bersepeda.

Jika merasa nyaman, coba tawar lagi harganya berdasarkan kekurangan yang mungkin ktia temui pada saat memeriksa komponen dan mencoba sepeda bekas tersebut.

Keputusan harga yang cocok ada di kita. Jika kita tidak terlalu terburu-buru, dan masih ada yang kurang cocok, kita masih punya pilihan lain untuk sepeda bekas.

14 thoughts on “Tips Membeli Sepeda Bekas

  1. Sepeda ini memang lagi trend ya saat ini mana harga makin tinggi lagi..jadi untuk beli sepeda second adalah alternatif pilihan sepertinya. Tapi harus hati2 juga ya kmrn teman ada yg beli sepeda second via online eh ternyata itu hasil begalan ya ampun.. ketauannya kan dia selfie di medsos trus pemiliknya kenali sepeda itu trus dicocokan dengan kode tersembunyi yang dibagian tertentu pada sepeda tersebut.. wah ketauan deh …repot klo kayak gini..

  2. Ngomongin soal sepeda second,pasti kepikiran saat mau beli pengen dapat harga murah tapi kualitas masih oke punya,tapi ternyata susah didapat. Tapi mesti beli ditempat yang udah benar benar resmi bukan abal abal,tar takutnya malah curian gitu.

  3. Pilih sepeda bekas juga penting mengecek grupsetnya. Seringkali perpindahan gear belakang aatau depan ada masalah. Timbul suara atau rasa yg tidak nyaman. Jadi memang harus dicoba berjalan dan dipindah2 gearnya

  4. Suami saya juga begini nih, maunya cari sepeda bekas aja biar murah haha. Tapi emang harus jeli ya biar gak kena tipu. Tipsnya lengkap banget.makasih reviewnya nanti saya kasih tau suami.

  5. Emang lebih murah dan aman buat kantong kalo beli sepeda bekas. Meski memang harus banget di tempat yang terpercaya seperti tips dari kakak. Kalo ngga, suka dikasih yang odong-odong

  6. Halo

    Perkenalkan Nama saya Widya,
    Sales marketing dari ZIPZIP yang merupakan sebuah konveksi yang khusus memproduksi aneka produk kaos
    dan merchandise yang berpusat di kota Bandung, Jawa Barat.
    Ini lokasi Konveksi kami di Google Maps : https://g.page/konveksi-zipzip

    Melalui email ini, saya dan team ingin menawarkan layanan kami untuk pembuatan produk KAOS JERSEY, Seragam Training,Totebag,Kemeja Seragam hingga Hijab custom untuk Anda.

    Apakah Anda saat ini sedang mebutuhkan sebuah metode tambahan dalam mempromosikan Bisnis Anda ?

    Ingin memberikan souvenir kaos keren ke konsumen yang tersablon logo perusahaan Anda, namun masih bingung ingin desain yang seperti apa?
    atau Anda ingin membuat seragam perusahaan untuk di kenakan di kantor maupun untuk acara GATHERING perusahaan?
    Atau Anda ingin membuat kaos dengan waktu relatif cepat atau EXPPRESS langsung jadi?

    Ya untuk itu kami menghubungi Anda hari ini, karena ZIPZIP siap menjawab semua kebutuhan Anda akan kaos untuk banyak sekali kebutuhan,
    mulai dari untuk seragam kantor sampai dengan untuk seragam seminar termasuk GOODIE BAGS dan souvenir kainnya.

    Kami ada Produsen yang memiliki workshop di Bandung dengan kelengkapan teknologi sablon cepat dengan tetap menjaga kualitas sablon dan bahan terbaik dengan proses super cepat.

    Produk yang bisa kami buat antara lain :

    Jersey Bola, Futsal, Jersey Sepeda hingga jersey motor cross
    Tote BAGS
    Topi
    Kemeja seragam
    Kaos SABLON
    Hijab Custom

    Semua desain produk ini bisa di sertakan LOGO atau Nama Anda

    Keuntungan jika Anda mememesan kaos di ZIPZIP antara lain :

    -. Desain kaos selalu GRATIS yang di kerjakan langsung oleh para designer berpengalaman kami.
    -. Harga bisa di sesuaikan dengan budget dari Anda
    -. Proses Bisa SUPER CEPAT!

    Untuk itu, jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan layanan Desain GRATIS dan SABLON EXPRESS dari ZIPZIP

    Silahkan hubungi saya di No Whatsapp : http://bit.ly/37N3vBl

    Atas perhatian Anda, kami ucapkan banyak terima kasih

    widya
    marketing
    ZIPZIP.CO.ID

    0813 8888 5251

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *