Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat WFH

Diposting pada

Masa pandemi memaksa banyak orang untuk menerapakan kebiasaan baru. Orang yang bekerja, anak yang sekolah, mahasiswa, semuanya harus menyesuaikan diri dengan cara beraktivitas dari rumah sejak pagi hingga sore. Bahkan ada juga yang sampai malam. Selain menguras kuota internet, ada beberapa dampak lain yang dirasakan masyarakat, seperti tagihan listrik yang melonjak dan kesehatan mata yang menjadi tidak baik.

Kondisi ini disebabkan oleh paparan radiasi layar HP ataupun laptop, pada saat melakukan kegiatan. Sehingga dapat menyebabkan tegangan pada mata. Sementara itu pengurangan durasi untuk menghabiskan waktu di depan layar tidak dapat dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi mata ketika menghabiskan waktu di depan layar.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat WFH

Berikut adalah sejumlah tips penting yang dapat  kita lakukan untuk melindungi mata kita selama WFH:

Menyesuaikan Posisi Layar

Usahakan jarak mata terhadap layar sejauh satu lengan, atau sekitar 30 cm. Pastikan tinggi layar sejajar dengan mata, karena apabila layar berada di atas mata akan menyebabkan ketegangan pada mata.

Menyetel Kecerahan Layar

Buatlah mata kita senyaman mungkin ketika sedang berhadapan dengan layar. Pastikan cahaya layar tidak terlalu menyilaukan dan tidak terlalu terang. Karena hal itu hanya akan menimbulkan ketegangan pada mata. Atur kecerahan dan kontras layar yang hampir sama dengan kecerahan cahaya di sekeliling.

Mengurangi Kesilauan

Untuk mencegah terjadinya kesilauan pada mata, sebaiknya kita menggunakan pelindung layar anti silau, atau kita juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi.  Sehingga mata kita dapat tercegah iritasi akibat cahaya yang dipantulkan oleh layar ke mata kita.

Menggunakan Kacamata yang Tepat

Kita bisa menghubungi dokter spesialis mata untuk mencari kacamata yang dapat disesuaikan dengan jarak layar. Untuk orang yang lama berada di depan layar, sebaiknya kurangi penggunaan lensa kontak, karena hal itu hanya akan membuat mata menjadi kering.

Pakai Aturan 20-20-20

Sudah pernah dengar istilah ini belum? Aturan 20-20-20 ini penting sekali dilakukan untuk menjaga kesehatan mata saat WFH. Yakni dengan cara menatap layar setiap 20 menit sekali, lalu lakukan jeda dengan cara menatap ke arah 20 kaki selama 20 detik.

Istirahat

Jika mata terasa lelah, sebaiknya lakukan istirahat sejenak. Misalnya dengan cara jalan kaki ke sekitar. Selain menjaga kesehatan mata, hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, yakni dengan melakukan peregangan ringan untuk bahu, leher, dan bahu agar lebih rileks ketika kembali menatap layar lagi.

Mengedipkan Mata

Mengedipkan mata sesering mungkin dapat membantu melembabkan mata kita. Faktanya ketika kita sedang focus dengan layar, biasanya frekuensi kita melakukan kedipan mata itu menurun. Sehingga dapat menyebabkan mata kering. Oleh karena itu, ketika WFH  dan berhadapan dengan layar lakukan beberapa kali kedipan mata untuk menjaga kesehatan.

Gunakan Obat Mata

Obat tetes mata sudah banyak dijual di toko obat maupun apotek. Hal ini berguna untuk membantu mengatasi mata kering akibat iritasi layar. Pemilihan obat yang tepat sebaiknya sesuai petunjuk dokter.

Perhatikan Kualitas Kelembabab Udara

Memperhatikan kualitas dan kelembaban udara juga penting. Sebaiknya tidak mengarahkan kipas angina langsung di depan wajah, karena hanya akan membuat mata menjadi kering.

Minum Vitamin Mata

Untuk memaksimalkan usaha kita dalam menjaga kesehatan mata, mengkonsumsi vitamin juga sebaiknya dilakukan.